Pergeseran masyarakat dalam hal penggunaan uang tunai berimbas pada penggunaan mesin ATM. Ribuan ATM tutup akibat orang beralih ke pembayaran online. Bank ramai-ramai menutup ribuan ATM sebagai langkah pengurangan jumlah ATM dan kantor cabang bank, serta efisiensi.
Dari laporan Surveillance Perbankan Indonesia yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2024 menyebutkan bahwa, jaringan kantor bank umum konvensional di Indonesia tersisa 115.539, berkurang 4.676 unit dibanding tahun 2023.
Jaringan kantor terbanyak masih didominasi oleh terminal perbankan elektronik (ATM/CDM/CRM) sebanyak 91.412 unit. Jumlah itu berkurang 1.417 unit dari setahun sebelumnya 92.829 unit.
Alih fungsi layanan teller yang mulai banyak berkurang dan digantikan dengan layanan elektronik, serta ATM yang semula hanya untuk tarik tunai saja, sekarang banyak diganti dengan mesin ATM yang sekaligus dapat melayani setor dan tarik tunai. Bahkan, beberapa bank konvensional yang membuat bank digital juga memanfaatkan sistem tarik tunai dari ATM yang dimiliki.
Penyebab ramainya bank tutup ATM diantaranya faktor semakin banyaknya masyarakat melakukan transaksinya ke layanan digital (mobile banking dan aplikasi fintech perbankan) yang mudah digunakan dan mudah diakses dari beragam pilihan nasabah atau pengguna.
Banyaknya ATM tutup juga terjadi akibat munculnya bank-bank digital yang memiliki aplikasi mobile banking sendiri yang lebih simple dan mudah yang dapat digunakan untuk pembayaran melalui QRIS. Sebut saja Bank Jago, blu Digital, SeaBank, Krom, Allo Bank, LINE Bank, dan masih banyak lagi.
Pembayaran online menjadi populer digunakan oleh masyarakat Indonesia ketika berbelanja, baik ketika pembelian online atau offline di merchant. Bentuk pembayaran ini banyak dipakai karena banyak manfaat bagi konsumen sekaligus bagi pelaku bisnis.
Inovasi Bagi Pelaku Bisnis Menjadi Digital
Para pelaku bisnis juga dituntut untuk melakukan berinovasi agar tidak tertinggal dengan zaman yang serba cepat dan digital serta tetap kompetitif dalam ketatnya persaingan bisnis.
Teknologi yang tumbuh pesat juga mempengaruhi perilaku orang Indonesia dalam kegiatan sehari-hari. Membeli barang online tanpa harus kemana-mana, media sosial sebagai tempat mencari informasi, hingga membayar menggunakan jenis pembayaran online. Munculnya pembayaran online bahkan mengubah ekonomi digital di Indonesia masa sekarang.
Inovasi yang bisa dilakukan pelaku bisnis yaitu dengan memanfaatkan metode pembayaran online yang beragam. Pembayaran online atau digital merupakan platform berbasis teknologi digital yang menjembatani proses transaksi keuangan secara non-tunai, baik itu ke merchant offline maupun online.
Adanya metode pembayaran online, membawa banyak manfaat bagi bisnis dan juga pelanggan. Khusus bagi pelanggan, adanya pembayaran online ketika melakukan transaksi online dapat memberikan alternatif metode pembayaran yang dimiliki dan sukai dan memberikan kepuasan karena kemudahannya.
5 Manfaat Pembayaran Online untuk Bisnis
1. Mudah, Cepat, dan Efisien
Dalam dunia bisnis online, transaksi yang cepat dan mudah sangat disukai. Transaksi pembayaran online dapat memproses banyak transaksi sekaligus secara cepat dalam satu waktu. Tidak ada antrian proses dan jeda waktu yang harus dijalankan ketika menggunakan pembayaran konvensional seperti ATM.
Teknologi smartphone yang dikawinkan dengan internet membuat pembayaran online semakin mudah dilakukan oleh siapa saja. Semuanya dapat dilakukan kapanpun dan darimanapun.
Bagi konsumen, sudah tidak ada lagi proses harus ke ATM dan melakukan antrian di mesin ATM untuk melakukan pembayaran dalam kegiatan belanja online.
Merchant atau bisnis dapat mengurangi biaya operasional dan efisiensi terhadap biaya dan waktu. Transaksi online memungkinkan otomatisasi proses pembayaran dan berlangsung cepat, mengurangi keterlambatan dan kesalahan manusia dalam mencatat dan memproses pembayaran.
Menggunakan pembayaran online juga hemat biaya karena biaya yang kecil. Bisnis hanya dikenakan ketika transaksi berhasil dilakukan. Sedangkan bagi pelanggan sendiri, bisa mendapatkan diskon atau cashback untuk pembayaran online dari merchant atau platform online yang digunakan.
2. Aman dan Tepercaya
Transaksi pembayaran online melalui banyak tahapan keamanan dengan adanya teknologi yang melindungi transaksi pembayaran online, seperti kode PIN atau password untuk melindungi data transaksi dan akses platform pembayaran yang digunakan.
Selain itu adanya keamanan berlapis seperti firewall yang berasal dari perbankan, teknologi keamanan data dalam bentuk enkripsi, dan dari sisi fintech payment gateway.
Adanya jaminan keamanan dan teknologi dalam pembayaran online juga memberikan pengalaman yang nyaman bagi pelanggan sehingga kepuasan terhadap bisnis akan meningkat. Data-data transaksi dan pelanggan terlindungi dengan baik dari kebocoran.
Sistem yang aman membuat pelanggan akan lebih percaya pada produk atau layanan yang kamu jual, sehingga memungkin pelanggan melakukan pembelian berulang bahkan mengajak lebih banyak orang lain membeli produk kamu.
3. Beragam Pilihan Metode Pembayaran
Bagi bisnis, memberikan banyak pilihan metode pembayaran online memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan. Mereka tidak perlu repot harus menyediakan banyak jenis pembayaran.
Metode pembayaran yang beragam sangat disukai pelanggan karena mereka dapat memilih channel pembayaran yang dimiliki dan menjadi favorit. Orang Indonesia sendiri menyukai pembayaran cashless menggunakan QRIS, dompet elektronik, kartu kredit, hingga pembayaran offline yang cepat.
4. Mudah Diintegrasikan
Bagi bisnis sendiri, untuk memiliki banyak metode pembayaran online kini tidak perlu ribet lagi untuk melakukan integrasi satu persatu dengan bank dan perusahaan fintech. Cukup satu kali integrasi mudah saja dengan payment gateway, banyak metode pembayaran didapat.
Pembayaran online dapat diintegrasikan dengan mudah melalui perusahaan payment gateway Winpay yang memiliki banyak jenis metode pembayaran online, seperti QRIS, dompet elektronik, hingga kartu kredit
Bahkan, bisnis juga dapat memiliki metode pembayaran offline melalui gerai retail modern dan keagenan, seperti Indomaret dengan jumlah lebih dari 22.000 gerai, Alfamart yang memiliki 19.000 gerai lebih di Indonesia, hingga melalui agen PPOB Fastpay.
Sistem payment gateway Winpay dapat diintegrasikan ke aplikasi, sistem website, dll secara mudah melalui teknologi API dengan dukungan teknis yang siap membantu bisnis kamu.
Selain itu, Winpay juga dilengkapi teknologi pembayaran online tanpa integrasi apapun dengan menggunakan payment link atau link pembayaran, yang didalamnya sudah tersedia lebih dari 25 jenis metode pembayaran untuk bisnis.
Baca juga: Payment Link, Solusi Pembayaran Praktis Segala Jenis Bisnis
5. Laporan Transaksi Lengkap
Metode pembayaran online dalam bisnis memungkinkan setiap transaksi dicatat secara otomatis dalam sistem. Pemilik bisnis dapat dengan mudah mengakses riwayat transaksi dan memberikan transparansi penuh.
Pembayaran online memudahkan dalam laporan dan analisa bisnis terkait perilaku pelanggan sehingga dapat menentukan program promosi yang tepat atau strategi-strategi untuk meraih lebih banyak pelanggan dan penjualan.
3 Jenis Pembayaran Online Cashless Favorit Orang Indonesia
1. QRIS
QRIS sudah menjadi ancaman bagi kelangsungan ATM dengan banyaknya pengurangan dan penutupan banyak ATM.
Cara pakai QRIS sangat mudah banget, bisa dibilang QRIS menjadi metode pembayaran online yang universal saat ini. Hanya menggunakan smartphone yang didalamnya ada aplikasi e-wallet seperti Gopay, OVO, DANA, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, i-Saku, dll, alternatif pembayaran memudahkan pelanggan.
Selain itu, membayar melalui QRIS dapat menggunakan aplikasi mobile banking dengan scan kode QR, seperti Livin’, blu Digital, Jago, BRIMo, dll.
QRIS sudah digunakan oleh 54,1 juta pengguna di Indonesia melalui berbagai macam aplikasi e-wallet dan mobile banking di 34,7 juta jumlah merchant di Indonesia pada tahun 2024.
QRIS adalah metode pembayaran online favorit karena selain dapat digunakan secara online juga bisa secara offline di merchant-merchant fisik. Nilai transaksi QRIS sendiri sungguh fantastis lho, menembus angka Rp188,36 triliun dengan total 4,08 miliar transaksi yang dilakukan orang Indonesia di tahun yang sama.
Oleh karena itu, metode pembayaran QRIS ini wajib dimiliki bisnis karena memberikan banyak kemudahan bagi pelanggan.
2. Dompet Elektronik atau E-Wallet
E-wallet juga ancaman berat bagi kelangsungan mesin ATM karena sama dengan QRIS sebagai alat pembayaran online dan cashless. Tanpa harus membawa banyak uang tunai ketika belanja atau bepergian, menggunakan dompet elektronik juga sangat aman.
Teknologi keamanan e-wallet dilengkapi dengan PIN dan password sebelum melakukan transaksi, sehingga kecil sekali untuk disalahgunakan. Mengapa orang senang menggunakan dompet elektronik? Karena keamanannya yang berlapis, baik dari sisi e-wallet sendiri juga dari smartphone pengguna, seperti memasang finger print atau kode PIN untuk akses ke perangkat itu sendiri.
Secara fungsi, dompet elektronik ini dapat digunakan secara luas lebih dari e-money atau uang elektronik. Kamu bisa menggunakan e-wallet untuk transaksi/belanja online, bayar e-commerce, bayar toko retail/offline, mengirim/transfer uang ke rekening bank, bayar macam-macam tagihan, bayar pajak, top up game, investasi, dll.
“Jumlah pengguna dompet elektronik aktif di Indonesia menembus angka 218 juta”
__________
E-wallet sebagai alat pembayaran modern memanfaatkan teknologi smartphone dan juga keamanan yang tinggi ketika transaksi pembayaran.
Uang disimpan dalam dompet digital dengan cara top up ke akun e-wallet seperti OVO, DANA, Gopay, ShopeePay, SpeedCash, dll.
Baca juga: Beda E-Money dan E-Wallet, Jangan Sampai Salah
Dengan kelebihannya dalam menyimpan uang dalam akun e-wallet, batas saldo maksimal sesuai regulasi dalam satu akun e-wallet adalah Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) dengan maksimal total nilai transaksi Rp40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah) per bulan.
Untuk mendapatkan metode pembayaran e-wallet bagi bisnis dapat melalui payment gateway Winpay dengan mudah dalam integrasi.
3. Transfer Virtual Account dan Mobile Banking
Transfer bank secara teknis dibagi menjadi empat jenis, secara konvensional menggunakan ATM atau teller bank yang sudah mulai ditinggalkan, melalui internet banking, aplikasi mobile banking, dan melalui virtual account. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda.
Teknologi virtual account berupa akun rekening bank virtual yang digunakan untuk identifikasi dan menerima pembayaran yang berbeda dengan rekening biasa.
Virtual account berupa nomor ID pelanggan (customer ID) yang unik dengan memasukkan kode angka virtual account akun bank pembeli, sehingga dapat memunculkan detail pembayaran yang harus dilakukan.
Pembayaran online menggunakan virtual account dapat meningkatkan efektivitas yang lebih baik dibandingkan transfer manual rekening bank. Dengan virtual account transaksi dapat diintegrasikan dengan mudah ke berbagai platform, seperti aplikasi, website, marketplace, online shop, dll.
Transaksi menggunakan virtual account dapat dilakukan selama 24 jam non stop. Transaksi dari pelanggan tercatat otomatis di sistem pembukuan. Dari segi keamanan, virtual account sangat aman karena memanfaatkan teknologi keamanan di bank.
Bagaimana Mendapatkan Metode Pembayaran Online?
Dari tiga jenis pembayaran online di atas, semua dapat dimiliki oleh bisnis melalui perusahaan payment gateway yang menyediakan jalur pembayaran secara digital.
Winpay adalah payment gateway yang dapat menjadi pilihan dalam menyediakan metode pembayaran online untuk bisnis. Winpay mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, selain itu juga memiliki ijin resmi Bank Indonesia sebagai penyelenggara payment gateway dan penyelenggara jasa pembayaran kategori 1 di Indonesia.
Teknologi pembayaran online yang dimiliki Winpay telah membantu banyak bisnis dan merchant di Indonesia dan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis. Hubungi Winpay sekarang untuk mendapatkan berbagai jenis channel pembayaran online.
https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono |
https://iamteguh.medium.com
- Pembayaran Online Tingkatkan Konversi Penjualan pada Bisnis - January 5, 2025
- Pembayaran Online: 7 Manfaat dan Jenisnya untuk Bisnis - January 4, 2025
- Ribuan ATM Tutup: Pembayaran Online Meningkat untuk Bisnis - January 2, 2025