Bisnis dengan model B2C berkembang sangat pesat dan banyak dilakukan pelaku bisnis online di Indonesia. Hal ini membuat bisnis e-commerce mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.
Persaingan bisnis B2C bisa dibilang cukup ketat disebabkan karena banyaknya permintaan dari konsumen untuk produk yang dibutuhkan, sehingga banyak produk serupa yang semakin bermunculan. Di sini pelaku bisnis online B2C harus jeli melihat pasar dan juga kebutuhan konsumen.
Jangan terpaku pada tren saja, tapi perlu ada faktor pembeda bahwa bisnis online yang kamu jalankan berbeda daripada yang lain, mulai dari barang atau jasa yang dijual, customer service, hingga teknologi pembayaran yang ada di e-commerce kamu.
Produk dari bisnis online model B2C disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen, sehingga model ini menyediakan produk berdasarkan permintaan konsumen. Fluktuasi harga pun secara otomatis menyesuaikan dengan permintaan pasar.
Dalam memasarkan produknya, bisnis model B2C online lebih banyak dilakukan secara mandiri dengan menggunakan strategi digital marketing seperti SEO, iklan berbayar, media sosial, dan lainnya untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
Pelaku bisnis online model B2C umumnya membangun kepercayaan publik melalui channel informasi resmi yang ada, seperti media sosial, website, dan layanan customer service yang handal.
Perlu diingat juga, bahwa customer service yang baik dapat memberikan pengalaman berharga bagaimana pelanggan mendapatkan kepuasan, sehingga dapat mempengaruhi pelanggan untuk melakukan pembelian kembali atau repeat order. Tentunya, hal ini dapat menaikkan jumlah transaksi dari bisnis online kamu.
Satu hal yang penting bagi bisnis model B2C adalah cara pembayaran yang memudahkan konsumer atau pelanggan. Yaitu, tersedianya metode pembayaran yang bervariasi agar konsumer dapat memilih pembayaran yang disukainya. Rata-rata pengguna e-commerce di Indonesia memilih cashless sebagai metode pembayaran karena lebih efisien, cepat, dan aman.
Bisnis model B2C membutuhkan teknologi pembayaran dari perusahaan payment gateway untuk B2C guna melengkapi metode pembayaran bagi bisnis onlinenya.
Teknology Payment Gateway untuk B2C
Teknologi pembayaran dalam model B2C online sudah menggunakan payment gateway sebagai penyedia metode pembayaran yang beragam. Model B2C online menggunakan virtual account bank, e-wallet, dan QRIS sebagai metode pembayaran sebagaimana yang ada di masyarakat.
Cashless menjadi metode pembayaran yang paling banyak dipakai di e-commerce B2C, yaitu e-wallet, QRIS, virtual account, dan e-money.
Manfaat Payment Gateway untuk B2C
1. Mempercepat transaksi pembayaran
Payment gateway untuk B2C menjamin proses transaksi hanya dalam hitungan detik saja, karena melalui payment gateway merchant terintegrasi langsung ke bank, asosiasi penerbit, payment aggregator, dan fintech pembayaran, sehingga memangkas waktu pembayaran.
Pembayaran melalui payment gateway dapat berjalan dengan banyak transaksi sekaligus dalam satu waktu.
2. Menyediakan banyak metode pembayaran
Pelanggan mana yang tidak suka dengan pilihan pembayaran beragam?
Dengan menyediakan banyak jenis pembayaran akan memudahkan pelanggan dalam membayar dengan cara yang mereka sukai.
Experience pelanggan yang merasakan kemudahan dalam pembayaran akan membuat mereka akan terus melakukan pembelian atau transaksi di merchant kamu. Pastinya penjualan dan revenue menjadi meningkat.
Saat ini cashless menjadi metode pembayaran yang disukai orang Indonesia ketika belanja online. Mereka lebih banyak menggunakan QRIS, e-wallet, dan virtual account ketika membayar.
3. Tidak perlu punya banyak rekening
Dengan menggunakan payment gateway untuk B2C, merchant tidak perlu menyediakan banyak jenis rekening bank untuk pembayaran dimana merchant harus menyediakan rekening dari banyak jenis bank yang tentunya ribet dan tidak efisien. Terlebih bagi pelanggan, tidak perlu punya rekening yang sama dengan merchant untuk melakukan pembayaran.
Menggunakan QRIS, e-wallet, dan virtual account adalah bentuk jenis pembayaran yang disukai konsumer saat ini.
4. Integrasi yang mudah
Bagi pemilik bisnis online dengan platform website dan aplikasi dapat dengan mudah melakukan integrasi ke payment gateway. Tersedia pilihan integrasi menggunakan API bagi merchant yang mempunyai website dan aplikasi, atau dapat menggunakan halaman checkout dan link pembayaran untuk bisnis online sederhana agar dapat mempunyai metode pembayaran beragam untuk pelanggan.
5. Meningkatkan penjualan
Dengan pembayaran yang mudah dan beragam, bisnis online akan mendapatkan lebih banyak pelanggan baik baru atau pelanggan tetap. Ketika pelanggan dapat membayar dengan metode pembayaran yang mereka sukai, mereka akan cenderung untuk terus melanjutkan proses belanja. Ini bisa meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis online kamu.
Winpay adalah perusahaan payment gateway terbaik yang memberikan solusi pembayaran bagi berbagai jenis bisnis online di Indonesia. Winpay membantu bisnis online dalam menyediakan pembayaran menggunakan QRIS, e-wallet (OVO, DANA, ShopeePay, SpeedCash, dll), virtual account 13 bank, dan gerai minimarket retail seperti Indomaret dan Alfamart.
Hubungi Winpay untuk kebutuhan metode pembayaran beragam untuk berbagai jenis bisnis online.
Baca juga: Payment Gateway Penting untuk Bisnis Online
Segmen Bisnis Model B2C yang Membutuhkan Payment Gateway
Bisnis Retail
Bisnis retail B2C sangat banyak dijalankan karena jenis produk dan jasa yang ditawarkan beragam. E-commerce dan online shop adalah salah satu bisnis online yang banyak dijalankan dengan menggunakan website, aplikasi, platform e-commerce, hingga media sosial untuk berjualan.
Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia dalam e-commerce mulai dari makanan dan minuman, musik, buku, produk rumah tangga, tiket transportasi, akomodasi, paket wisata, investasi, hobi, jasa digital marketing, jasa desain, webinar, e-book, dll.
Bisnis Tiket, Travel, dan Wisata
Bisnis tiket transportasi adalah peluang bisnis yang mempunyai prospek cerah untuk dijalankan. Saat ini kebutuhan tiket transportasi meningkat pesat pasca pandemi. Ditambah lagi dengan banyaknya kalender liburan tahunan dan cuti bersama yang diatur pemerintah.
Hal ini membuat kebutuhan masyarakat akan tiket perjalanan membuat bisnis penjualan tiket pesawat, kereta api, bus AKAP, kapal laut dapat dijalankan oleh siapa saja dengan mudah.
Tiket travel yaitu shuttle berjadwal baik antar kota dalam provinsi hingga antar kota antar provinsi juga banyak dibutuhkan para traveller yang menginginkan perjalanan secara private.
Metode penjualan tiket, shuttle travel, dan paket wisata dapat menggunakan website, aplikasi, hingga melalui media sosial. Bahkan, dapat juga berjualan melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp, Telegram, direct messate media sosial menggunakan payment link yang di dalamnya sudah tersedia metode pembayaran.
Bisnis tiket, travel, wisata membutuhkan payment gateway untuk menyediakan metode pembayaran beragam bagi pelanggannya.
UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah)
UMKM berperan dalam memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Peran vital UKM akan terasa dalam pembentukan PDB (Produk Domestik Bruto) dimana kontribusi UKM dan UMKM dalam PDB juga lebih besar dibanding usaha skala besar.
Hingga tahun 2023 terdapat 65,2 juta UKM dan UMKM dengan kategori konvensional dimana 19,4 jutanya merupakan pelaku UMKM digital. UMKM berperan dalam memperluas kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Peran vital UKM akan terasa dalam pembentukan PDB (Produk Domestik Bruto) dimana kontribusi UMKM dalam PDB juga lebih besar dibanding usaha skala besar.
Menggunakan media internet dan media sosial untuk mendapatkan pasar yang lebih luas, UMKM juga membutuhkan teknologi pembayaran yang mudah diterima pasar. Dalam hal ini pelaku bisnis UMKM dapat menggunakan metode pembayaran yang beragam bagi pelanggannya.
Teknologi pembayaran digital bagi pelaku bisnis UMKM dapat diperoleh melalui teknologi finansial payment gateway dari Winpay. Dengan menerapkan teknologi payment gateway dalam media jualan bisnis UMKM, pelanggan dengan mudah melakukan pembayaran sesuai pilihan yang dimiliki.
Tentang Winpay Indonesia
Winpay adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.
Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:
-
- Virtual account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda.
- E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
- Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
- Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay
- Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana untuk PT Bimasakti Multi Sinergi.
https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono |
https://iamteguh.medium.com
- Keuntungan Link Pembayaran untuk Bisnis - May 30, 2024
- Manfaat QRIS untuk UMKM sebagai Alat Pembayaran - May 22, 2024
- Payment Link, Cara Kerja dan Manfaat Payment Link Bagi Bisnis - May 15, 2024