Tips Memilih Payment Gateway – Di era digital sistem pembayaran mulai mengalami perkembangan yang begitu pesat. Dari mulai pembayaran tunai, lalu ke transfer bank, dan kini makin canggih dengan adanya payment gateway.

Penggunaan sistem payment gateway bukan hanya memberikan keleluasaan pada pelanggan dalam hal pembayaran, namun juga memudahkan bagi para penjual untuk mengkonfirmasi pembayaran.

Selain lebih mudah dan efisien, adanya sistem pembayaran via payment gateway rupanya juga mampu menambah kepercayaan bagi pelanggan baru. Hal ini bisa terjadi sebab tak sedikit terjadinya penipu online yang berkedok toko online.

Nah, adanya Payment Gateway bisa menjaga kepercayaan pelanggan meski baru pertama kali membeli sebab keamanannya sudah terjamin oleh Bank Indonesia.

Apa itu Payment Gateway?

Payment Gateway adalah metode transaksi dan pembayaran yang melalui metode pihak ketiga dan telah terjaga keamanannya lantaran sudah melalui proses verifikasi dari Bank Indonesia.

Payment Gateway memungkinkan kedua belah pihak menerima manfaat dan keuntungan masing-masing. Salah satu keuntungan bagi penjual adalah bisa menerima ratusan transaksi dalam 1 hari tanpa perlu melalukan verifikasi data kembali.

Sedangkan keuntungan bagi pembeli ialah adanya metode pembayaran yang beragam, mulai dari transfer ATM, Taller Bank, Debit, kartu Kredit, Indomaret/Alfamart, hingga kantor Pos.

Tips Memilih Payment Gateway Indonesia

Berikut adalah beberapa pertimbangan dalam memilih payment gateway Indonesia untuk bisnis:

1. Memberikan Kesan Terbaik Bagi Konsumen

Tips memilih payment gateway yang pertama adalah memilih yang memberikan kesan terbaik. Sebelum memilih penyedia payment gateway, pastikan terlebih dulu mengecek bagaimana User Interface (UI) yang nantinya akan digunakan. UI berperan penting terhadap kenyamanan dan kemudahan konsumen saat menunaikan transaksi ataupun pembayaran.

Cek juga layanan pendukung yang disediakan apabila sewaktu-waktu sistem mengalami masalah terkait pembayaran atau hal-hal yang berkaitan dengan cara pembayaran.

2. Metode Pembayaran dan Mata Uang

Payment Gateway yang terekomendasi biasanya menyediakan beragam motede pembayaran untuk memudahkan konsumen. Selain itu, jenis mata uang yang digunakan untuk menerima pembayaran atau konversi dari mata uang yang bereda merupakan faktor penting yang juga perlu diperhatikan. Semakin lengkap, tentu semakin bagus.

3. Sistem Keamanan

Sistem keamanan menjadi hal yang patut diperhitungkan. Mekanisme pembayaran menggunakan payment gateway harusnya telah melalui proses standarisasi dari Bank Indonesia sebelum lisensi resminya diteritbitkan.

Karenanya pastikan mengecek data penyedia payment gateway terlebih dulu, apakah sudah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia atau belum. Jika sudah, maka bisa menjadi pilihan terbaik.

4. Waktu yang Dibutuhkan untuk Integrasi

Pertimbangkan juga durasi waktu yang diperlukan untuk melakukan proses integrasi. Semakin cepat prosesnya, artinya Anda dapat menerima pembayaran di website dengan lebih cepat.

Selain itu, jangan lupa memastikan apakah payment gateway tersebut menyediakan merchant account, atau harus membuatnya sendiri. Bila harus membuat merchant account sendiri, ini akan memperlama proses integrasi ke website tersebut.

5. Harga dan Biaya Lain-Lain

Tips memilih payment gateway yang terakhir ialah melhat harga dan biaya lainnya. Tiap payment gateway memiliki sistem pembiayaan tersendiri. Pada umumnya, payment gateway akan mengenakan biaya per transaksi, biaya bulanan dan biaya pengaturan. Sebelum memilih layanan, pastikan terlebih dulu biaya apa saja yang harus dibayarkan, serta nominal angkanya

Selain itu, cek juga apakah ada biaya lain, seperti instalasi, maintenance dan lain-lain. Sehingga, bisa mengkalkulasikan layanan payment gateway mana yang paling ekonomis tanpa harus mengurangi kualitas layanan.

Kategori: Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *