Payment Gateway Indonesia Winpay Solusi Pembayaran Bisnis Mudah

Payment gateway Indonesia

Payment gateway Indonesia memainkan peran kunci dalam mempercepat pertumbuhan digital dan transaksi pembayaran. Perekonomian digital dan e-commerce Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada 2023 sudah menembus 523 triliun dengan 78% masyarakat dengan QRIS sebagai alat pembayaran menggunakan dompet digital.

Fakta menarik.

Ternyata, persentase pelanggan yang mengabaikan keranjang belanja onlinenya saat ini mencapai 69,57%. Salah faktor utamanya adalah pembayaran yang rumit. Untuk hal ini, payment gateway adalah salah satu solusinya.

Apa itu payment gateway? Mengapa sistem ini bisa menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan konversi dan jumlah transaksi?

Payment gateway adalah sistem berbasis financial technology yang menjembatani transaksi antara penjual dan pembeli, atau layanan berbasis digital, sehingga segala pembayaran online maupun offline dari berbagai tempat dan waktu tak terbatas melalui pemanfaatan internet, bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

Dalam teknologi payment gateway, alat pembayaran transaksi dalam berbagai layanan online seperti, e-commerce, layanan PPOB, tiket, perdagangan dan jasa online dll, dengan cara memberikan otorisasi pemrosesan transaksi antara pedagang (merchant) dengan bank sehingga pelanggan bisa membayar menggunakan kartu kredit, debit, dompet digital, atau pembayaran digital lainnya.

Ada empat pihak utama di setiap proses transaksi online, yaitu pembeli dan merchant, lembaga penerbit keuangan, dan institusi pengakuisisi (yang mengambil dana dari lembaga penerbit keuangan) – dinamakan payment aggregator.

Meskipun ada banyak langkah yang harus dilalui, transaksi digital biasanya cuma perlu waktu beberapa menit saja.

Payment aggregator ini adalah institusi penyelenggara payment gateway yang menghubungkan transaksi online dengan penerbit keuangan atau issuer.

Mengapa Payment Gateway?

Payment gateway berperan sebagai perantara transaksi antara penjual dan pembeli dengan lembaga penerbit keuangan, dan memastikan semua transaksi dapat berjalan secara lancar dan aman.

Proses ini lebih terjamin keamanannya dibandingkan dengan melakukan pembayaran secara manual, juga lebih cepat. Karena dengan cara ini, pemilik bisnis juga tidak perlu menyimpan data pelanggan di servernya masing-masing.

Menerima Dana

Payment gateway mengirimkan dan mengotorisasi transaksi, sementara payment processors hanya mengirimkan pembayaran. Di balik proses pengiriman dana dari pembeli ke penjual, payment gateway bekerja untuk memastikan setiap transaksi dapat berjalan dengan cepat, lancar dan aman.

Mengirim Dana

Cara kerja payment gateway selanjutnya adalah dengan membantu bisnis untuk mengirimkan dana ke beberapa penerima sekaligus, seperti untuk mitra bisnis, pengguna, dan staf di waktu bersamaan. Payment gateway terintegrasi langsung dengan prosesor pembayaran, seperti bank atau lembaga penerbit keuangan lainnya, yang memungkinkan Anda bisa mengirimkan dana dengan cepat dan terpercaya.

Kebutuhan payment gateway sebagai solusi pembayaran untuk bisnis Anda ada pada Winpay Payment Gateway.

Winpay Payment Gateway Indonesia

Winpay adalah adalah payment gateway yang memfasilitasi transaksi pembayaran online antara pemilik bisnis dan pelanggannya dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.

Pembayaran adalah fungsi penting dalam setiap bisnis. Winpay hadir untuk memudahkan pembayaran dalam usaha Anda.

Dalam menjalankan tugasnya, Winpay sebagai payment gateway akan memvalidasi informasi pembayaran yang diberikan oleh pelanggan dari merchant, mengirimkan permintaan pembayaran ke lembaga keuangan yang bersangkutan, lalu mengirimkan notifikasi kepada pelanggan tentang status keberhasilan transaksi.

25 Metode Pembayaran Winpay untuk Bisnis

Tugas kami adalah membuat pembayaran menjadi lebih mudah. Produk dan layanan Winpay adalah solusi pembayaran berbasis financial technology dengan pilihan pembayaran online dan offline yang lengkap untuk meningkatkan transaksi dan bisnis online Anda.

Lebih dari 25 metode pembayaran Winpay siap membantu bisnis Anda dan pelanggan.

1. Virtual Account

Metode pembayaran paling mudah yang berbeda dari rekening biasa. Virtual account bank dari Winpay dapat teridentifikasi secara otomatis untuk setiap pelanggan yang berbeda.

Tersedia layanan virtual account: BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Syariah Indonesia, Bank Permata, Bank CIMB Niaga, Maybank, Bank Neo Commerce, Bank Sinarmas, dan Bank Muamalat. Hubungi Winpay untuk layanan virtual account.

2. QRIS dan E-Wallet

Tren pembayaran e-commerce dan pembayaran online menggunakan e-wallet atau dompet elektronik. Metode pembayaran menggunakan QRIS memudahkan pelanggan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran secara cashless menggunakan e-Wallet seperti Gopay, OVO, DANA, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, perbankan, dll.

3. Minimarket Modern (Outlet Retail)

Banyaknya masyarakat yang belum memiliki rekening bank memberikan peluang bagi pembayaran over-the-counter alias pembayaran melalui minimarket modern atau jaringan outlet retail.

Pembayaran tunai atau dengan kartu dapat dilakukan di lebih dari 43 ribu gerai minimarket modern seperti Indomaret, Alfamart Group (Alfamidi, LAWSON, Dan+Dan), dan 535 ribu Agen Fastpay yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hubungi Winpay untuk solusi pembayaran offline melalui jaringan minimarket di seluruh Indonesia.

4. Kartu Kredit/Debit

Kartu kredit masih menjadi instrumen pembayaran dengan 17,59 juta kartu beredar dengan nilai transaksi kartu kredit mencapai Rp33,76 triliun 2023.

Payment gateway Winpay membantu bisnis Anda menerima semua kartu kredit dan kartu debit berlogo Visa, Mastercard. Termasuk semua kartu yang diterbitkan oleh bank di Indonesia maupun bank luar negeri.

5. Kode Pembayaran

Kode pembayaran yang dibuat dari transaksi bisnis Anda sesuai nominal transaksi, yang dapat dibayarkan melalui transfer ke Bank Mandiri dan BCA.

6. Payment Link

Transaksi menggunakan payment link menggunakan tautan pembayaran yang dikirimkan oleh bisnis kepada pelanggan, yang memungkinkan mereka untuk melakukan pembayaran langsung melalui halaman yang telah ditentukan.

Payment link dapat diakses dengan mudah melalui pesan teks, email, atau platform media sosial lainnya sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.

Anda bisa menyediakan layanan payment link melalui Winpay dengan mudah. Hubungi Winpay sekarang.

Bagaimana Winpay Membantu Anda

Winpay membantu Anda untuk menerima pembayaran dengan berbagai cara, transaksi cepat, aman, dan dengan biaya rendah.

Apapun yang Anda jual, bisnis Anda adalah prioritas Winpay untuk menjadikan pembayaran Anda lancar dan mudah. Winpay menyediakan solusi pembayaran untuk usaha sekecil atau sebesar apapun untuk start-up, medium business dan enterprise.

Kami berkomitmen untuk membuat solusi pembayaran yang bisa diandalkan, lengkap sesuai kebutuhan, aman, dan sederhana untuk berbagai industri.

Cek produk dan layanan Winpay di sini.

Lengkapi bisnis Anda dengan metode pembayaran yang mudah dan tepat bagi pelanggan. Winpay sebagai partner payment gateway Indonesia yang dapat dipercaya sebagai solusi pembayaran baik online maupun offline.

Tentang Winpay Payment Gateway Indonesia

Winpay Payment Gateway Indonesia adalah solusi pembayaran yang dapat diandalkan, aman, dan lengkap untuk bisnis online Anda. Dengan lebih dari 25 pilihan metode pembayaran, akan membuat bisnis Anda menjadi lebih maju dan memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Layanan Winpay Payment Gateway, dapat menerima pembayaran menggunakan:

  • Virtual Account 11 bank siap melengkapi pembayaran Anda. Cek produk Winpay.
  • E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.
  • Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.
  • Gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan Fastpay.
  • Kode pembayaran dan payment link.

Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana

Teguh Hartono