Kenapa Pelanggan Sekarang Lebih Suka Beli di Toko Online

Orang Indonesia suka beli di toko online dan platform e-commerce lain

Dewasa ini, semakin banyak orang yang memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah belanja online. Ya, di era digital seperti sekarang ini, kemajuan teknologi turut membawa banyak kemudahan dalam berbelanja online, salah satunya melalui aplikasi atau website toko online yang dibangun sebagai platform jual beli dalam e-commerce.

Aplikasi semacam ini merupakan platform yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pembelian barang atau jasa secara online. Artinya, Anda tidak perlu repot-repot datang ke toko fisik untuk memilih produk yang diinginkan. Anda hanya perlu duduk manis di rumah dan menunggu barang yang dipesan diantar ke rumah.

Sebenarnya, ada platform lain yang dapat digunakan untuk membeli barang secara online, yaitu marketplace sebagai kumpulan banyak bisnis online di sana. Bedanya, marketplace ini tingkat persaingannya sangat tinggi dari sisi harga dan adanya pembagian hasil yang harus diberikan kepada platform marketplace. Sehingga, keuntungan yang didapat penjual berkurang dibandingkan dengan berjualan di toko online atau media sosial yang dikelola sendiri.

Baca juga: Marketplace dan E-Commerce, Mana yang Lebih Baik

Lantas, apa sih alasan lebih suka beli di toko online daripada offline? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

9 Alasan Pelanggan Lebih Suka Beli di Toko Online

1. Belanja Semakin Mudah dan Praktis

Belanja online lebih mudah dan praktis

Pertama, alasan lebih suka beli di toko online adalah kemudahan yang ditawarkan oleh online shop tersebut. Platform yang digunakan bisa berupa website, aplikasi, hingga marketplace. Hanya perlu melakukan beberapa klik saja, Anda bisa menelusuri produk yang diinginkan. Kemudian, bandingkan harga, pilih varian produk yang diinginkan dan lakukan pembelian. Semua hal tersebut tentunya bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, tanpa mengunjungi toko fisik.

2. Semakin Mudah Membandingkan Harga

Online shop dengan pembayaran online

Dengan memanfaatkan aplikasi toko online, Anda bisa semakin mudah membandingkan harga dari beberapa merek atau brand, dan penjual. Ini memungkinkan Anda untuk memilih produk dengan harga yang paling sesuai dengan uang yang dimiliki.

Membandingkan harga dan produk dapat melalui platform e-commerce seperti toko online lain, marketplace, hingga media sosial.

3. Metode Pembayaran Beragam yang Aman

Terima pembayaran online mudah

Jika dibandingkan dengan toko fisik, online shop modern biasanya memiliki pilihan metode pembayaran beragam, baik itu pembayaran online hingga offline. Hal ini karena platform toko online atau e-commerce menggunakan integrasi ke payment gateway untuk mendapatkan berbagai macam metode pembayaran untuk pelanggannya.

Metode pembayaran online dibekali dengan sistem keamanan yang jauh lebih baik untuk melindungi informasi pengguna. Hal ini terjadi karena payment gateway memiliki sistem keamanan tinggi. Seperti enkripsi data pembayaran dan pengguna, sistem keamanan informasi yang melindungi data keuangan, hingga ijin resmi sebagai penyelenggara payment gateway.

Artinya, Anda bisa memilih untuk menggunakan model pembayaran yang aman dan terjamin pada platform toko online yang Anda gunakan. Contohnya, pembayaran dengan kartu kredit atau debit yang memiliki perlindungan pemrosesan kartu, maupun lewat aplikasi dompet digital dan transfer melalui virtual account dengan sistem deteksi fraud.

Dengan metode pembayaran online yang disediakan oleh bisnis membuat pelanggan memiliki pilihan dalam channel pembayaran yang disukai dan dimiliki pelanggan. Hal ini dapat memberikan kepuasan dan kepercayaan yang tinggi sehingga konversi dapat terjadi hingga peluang pembelian berulang atau mendapatkan eksposur yang lebih luas.

4. Mudah Menggunakan Kupon Diskon

Meski yang demikian bukanlah hal baru lagi di online shop, namun tak bisa dipungkiri kalau penawaran kupon diskon dan promo dapat menarik konsumen lebih banyak lagi. Dalam hal ini Anda sebagai konsumen bisa dengan mudah menggunakan kupon diskon tersebut untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, terutama untuk beberapa produk yang diinginkan. Tentunya, yang demikian juga turut membantu menghemat budget yang dimiliki, bukan?

5. Layanan Pelanggan yang Baik dan Responsif

Layanan pelanggan responsif

Ya, platform toko online yang baik juga menyediakan layanan pelanggan yang baik dan responsive. Sebagai konsumen atau pembeli, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan tersebut saat terjadi masalah dengan produk atau pengiriman barang.

Bagi bisnis sendiri, adanya layanan pelanggan yang baik dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan. Hal ini karena pengalaman yang baik dan respon positif yang diberikan pelanggan dari layanan tersebut dapat menaikkan konversi penjualan dan pembelian berulang.

6. Diskon dan Penawaran Spesial Untuk Pelanggan Setia

Sebagai pengguna setia aplikasi online shop Anda pastinya sudah tahu betul kalau akan ada banyak sekali penawaran diskon dan berbagai jenis penawaran lainnya yang diberikan khusus kepada pelanggan yang setia menggunakan aplikasi tersebut. Diskon ini bisa bervariasi, mulai dari diskon untuk pembelian pertama, diskon musiman, diskon untuk pelanggan setia hingga gratis ongkir.

COD kini menjadi layanan populer di banyak toko online sebagai promo khusus untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Hal ini pastinya bisa membantu menghemat budget dan membuat Anda merasa lebih nyaman lagi untuk membeli berbagai produk secara online.

7. Memiliki Lebih Banyak Pilihan Produk

Banding harga produk toko online

Biasanya, aplikasi toko online menawarkan berbagai pilihan produk yang lebih beragam dan lengkap jika dibandingkan dengan toko offline. Para konsumen dapat menemukan produk dari berbagai merek, brand atau penjual yang berbeda-beda. Tentunya, yang demikian memungkinkan bagi konsumen untuk menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

8. Melacak Pengiriman dengan Mudah dan Cepat

Aplikasi online shop biasanya juga menyediakan fitur pelacakan pengiriman. Atau, memberikan informasi terkait pengiriman dalam bentuk no resi. Hal ini akan memudahkan bagi konsumen untuk memantau status pengiriman produk yang dibelinya. Selain itu, adanya fitur pelacakan pengiriman yang diberikan bisnis dapat meningkatkan kepercayaan terhadap bisnis.

Pembeli bisa melacak pengiriman produk secara real time dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa tahu kapan produk tersebut dikirimkan, tiba di gudang, atau bahkan sedang dalam pengiriman.

9. Mudah Dikembalikan atau Ditukar

Alasan umum kenapa orang lebih suka beli atau belanja di toko online adalah mudah untuk proses pengembalian atau penukaran barang yang dibeli. Ya, Anda hanya perlu mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. Dengan begitu, Anda bisa kembalikan atau tukarkan barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dengan berbagai alasan tersebut di atas, bisnis Anda wajib memiliki platform toko online dengan berbagai jenis dan metode. Membangun toko online bisa dimulai dengan memanfaatkan fitur katalog yang ada di Whatsapp Business, Facebook, Instagram, dan jenis media sosial lainnya. Selain itu, untuk tingkatan yang lebih lagi dapat membuat aplikasi berbasis Android atau iOS dan website yang didalamnya sudah terintegrasi dengan media pembayaran.

Untuk pembayarannya bagaimana?

Karena Anda membangun toko online dan berjualan secara online dengan channel penjualan seperti di atas, untuk adopsi pembayaran dapat menggunakan pembayaran online.

Manfaatkan fitur Payment Link atau Link Pembayaran dari Aplikasi Winpay yang memang dirancang untuk jualan di media sosial dan dapat terhubung dengan berbagai platform pembayaran online seperti transfer bank melalui virtual account, QRIS, e-wallet atau dompet digital, kartu kredit, hingga pembayaran tunai melalui jaringan minimarket modern.

Aplikasi Winpay memiliki beberapa fitur unggulan sebagai solusi terima pembayaran mudah dari pelanggan untuk bisnis. Fitur tersebut seperti payment link, invoice elektronik, katalog online, hingga manajemen produk jualan.

Manfaat Aplikasi Winpay untuk Bisnis

  • Terima uang mudah bagi bisnis dari berbagai channel penjualan seperti website, media sosial, WhatsApp, email, dll.
  • Dapat menggunakan aplikasi untuk smartphone dan website dengan dashboard yang mudah dan intuitif, mudah dimengerti dan dijalankan.
  • Tersedia lebih dari 25 jenis metode pembayaran online dan offline untuk bisnis dan pelanggan, hal ini dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan.
  • Lebih aman, karena menggunakan sistem keamanan yang canggih.
  • Mudah digunakan dengan fitur di atas dapat menjadikan konversi lebih tinggi untuk bisnis.

Tips Menggunakan Aplikasi Winpay

Buat Anda yang memiliki bisnis dan ingin terima pembayaran online dengan mudah, berikut adalah beberapa tips menggunakan aplikasi Winpay:

  • Aplikasi Winpay dapat di download dari Play Store Winpay: Pembayaran Online atau dijalankan melalui website baik di komputer atau smartphone.
  • Daftar akun Winpay dengan menggunakan data diri yang benar.
  • Lakukan verifikasi akun dengan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  • Jangan lupa cantumkan nomor rekening bank untuk pencairan hasil penjualan.
  • Setelah verifikasi aktif, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur di aplikasi Winpay.

Dengan memanfaatkan aplikasi Winpay ini bisnis dapat terima uang mudah dari pembayaran pelanggan menggunakan payment link dan invoice elektronik tanpa integrasi apapun. Download sekarang.

Teguh Hartono