Sistem pembayaran online telah mengalami pertumbuhan eksponensial dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh meningkatnya penetrasi internet, adopsi smartphone, dan perilaku konsumen yang berubah dalam kegiatan belanja online. Kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh pembayaran online telah membuatnya sangat populer di kalangan pelanggan dan bisnis.
Sistem pembayaran online telah menjadi tulang punggung bagi bisnis dari berbagai skala, mulai dari UMKM hingga perusahaan multinasional. Kemudahan, kecepatan, dan keamanan yang ditawarkan oleh pembayaran online telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan bisnis, mengubah perilaku dan konsep belanja mereka, serta cara bisnis mengelola transaksi keuangan.
Pembayaran online telah muncul sebagai pengubah permainan, menawarkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi yang tak tertandingi. Berbagai jenis bisnis e-commerce menawarkan berbagai kemudahan untuk konsumen, terutama dalam hal pembayaran.
Pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia memberikan dampak terhadap bisnis sekaligus mengubah perilaku masyarakat dalam belanja kebutuhan.
Adanya pembayaran online yang digunakan dalam bisnis dapat meningkatkan konversi dari pelanggan. Hal ini dapat terjadi karena pelanggan dapat melakukan transaksi pembayaran dengan mudah kapanpun dimanapun menggunakan metode pembayaran yang mereka miliki dan sukai.
Potensi ini selain memberikan kepuasan pelanggan juga menyebabkan pembelian berulang dari bisnis yang Anda jalankan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pelanggan dapat mengajak atau membawa orang lain melakukan pembelian di bisnis Anda.
Menggunakan berbagai macam metode pembayaran online untuk bisnis menawarkan berbagai keuntungan yang signifikan, terutama dalam era digital saat ini. Baik itu manfaat bagi bisnis dan juga konsumen.
Beberapa fungsi dari pembayaran online ini dapat diterapkan pada berbagai jenis bisnis seperti layanan PPOB untuk sistem deposit atau pembayaran terbuka (open payment), marketplace, platform e-commerce, pembelian tiket, top up game, investasi, layanan ojol atau ride hailing, layanan pesan antar makanan, donasi, dan masih banyak lagi.
Keuntungan dan Manfaat Pembayaran Online untuk Bisnis
1. Meningkatkan Jangkauan Pasar
Pembayaran online memanfaatkan jaringan teknologi internet sehingga memiliki jangkauan luas serta menggunakan sistem perbankan dan perusahaan fintech lainnya. Hal ini membuat pembayaran online dapat diakses dari mana saja oleh konsumen.
Dengan penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 185.3 juta pengguna dengan 153 juta diantaranya berusia 18 tahun ke atas, ditambah dengan akses media sosial mencapai 139 juta pengguna membuat jangkauan pasar bisnis semakin luas.
Akses global
Dengan sistem pembayaran online, bisnis dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia tanpa batasan geografis, bukan hanya di pasar lokal. Media internet dan media sosial berperan besar terhadap sebaran yang lebih luas. Hal ini membuka peluang untuk ekspansi dan pertumbuhan yang lebih besar.
Indonesia sendiri menempati peringkat 4 dunia sebagai negara dengan jumlah pengguna media sosial terbesar. Hal ini membuat bisnis dapat menjangkau pasar global melalui website dan media sosial yang dimiliki oleh bisnis.
Target audiens yang lebih luas
Pembayaran online memungkinkan bisnis untuk menarik berbagai segmen pelanggan, termasuk mereka yang lebih suka berbelanja secara online. Bahkan, adanya pembayaran digital juga memperluas konsumen yang belum terjangkau atau belum mengenal bisnis Anda.
Dengan jangkauan pasar yang luas akibat adanya pembayaran online, tingkat konversi bisnis memiliki peluang lebih besar terjadi hingga 80%, karena pembayaran digital mempermudah pelanggan bertransaksi.
2. Kemudahan dan Kenyamanan
Pembayaran online yang mudah dan memberikan rasa nyaman sangat disukai oleh pelanggan.
Transaksi 24 jam nonstop
Pembayaran online memungkinkan pelanggan melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja hanya dengan memanfaatkan koneksi internet tanpa batasan waktu. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi konsumen yang mungkin tidak dapat berbelanja pada jam kerja tradisional.
Proses yang cepat
Pembayaran online biasanya lebih cepat dibandingkan dengan metode tradisional seperti cek atau transfer manual. Pelanggan dapat menyelesaikan transaksi dalam hitungan detik.
Mengurangi risiko kesalahan
Sistem pembayaran online meminimalisir risiko kesalahan manusia dalam proses pencatatan dan pengelolaan transaksi. Pembayaran online secara otomatis mencatatkan laporan yang bermanfaat bagi bisnis dan juga pelanggan.
Memudahkan pelacakan dan rekonsiliasi
Dengan menggunakan pembayaran online, semua transaksi tercatat secara digital, memudahkan bisnis dalam melakukan pelacakan dan rekonsiliasi keuangan.
3. Keamanan Transaksi
Manfaat ketiga yang penting dari pembayaran online adalah masalah keamanan transaksi karena berhubungan dengan lalu lintas uang. Penyedia layanan pembayaran online sudah dilengkapi dengan sistem keamanan canggih untuk melindungi data sensitif pelanggan.
Teknologi enkripsi
Penyedia layanan pembayaran online dari perbankan dan fintech menggunakan teknologi keamanan informasi seperti PCI DSS, ISO 27001 hingga enkripsi canggih untuk melindungi data sensitif pelanggan, seperti informasi kartu kredit dan data pribadi. Selain itu, adanya fraud detection dan verifikasi profil yang kuat dari penyelenggara payment gateway dapat meminimalisir terjadinya potensi penipuan yang dapat merugikan bisnis dan konsumen.
Mengurangi resiko penipuan
Sistem pembayaran online dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan, seperti autentikasi dua faktor, OTP, PIN, yang membantu mengurangi risiko penipuan. Namun, dari sisi konsumen sendiri juga harus memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap modus-modus penipuan online yang marak terjadi, seperti iming-iming mendapatkan hadiah, investasi yang menawarkan return yang cepat dan besar, social hacking yang menanyakan data akun, OTP, PIN, atau password, hingga phising untuk mencuri data.
Dengan adanya tingkat keamanan yang berlapis dari sisi payment gateway, bank, dan fintech ini akan membuat tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis semakin tinggi, sehingga rasa nyaman dan aman ketika berbelanja akan memberikan pengalaman dan kepuasan tersendiri bagi pelanggan.
4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Pelanggan yang puas pada produk atau layanan akan berpotensi untuk melakukan pembelian berulang. Adanya pembayaran online adalah faktor utamanya.
Pengalaman belanja yang lebih baik
Pembayaran online memberikan pengalaman belanja yang lebih nyaman bagi pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan bisnis. Checkout yang mudah dengan beragam metode pembayaran membuat tingkat konversi yang terjadi hingga 80%.
Beragam metode pembayaran
Dengan menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran seperti kode QR, dompet digital, kartu kredit, transfer bank, hingga pembayaran melalui gerai retail, bisnis dapat memenuhi preferensi pelanggan yang berbeda.
5. Mengurangi Biaya Operasional
Minimalkan biaya
Dengan mengotomatiskan proses penagihan dan pembayaran, bisnis dapat mengurangi biaya terkait pengelolaan uang tunai dan pencatatan manual. Dengan memanfaatkan payment gateway, bisnis dapat memiliki banyak metode pembayaran tanpa harus melakukan integrasi yang rumit ke masing-masing bank atau fintech.
Cukup menggunakan layanan payment gateway Winpay, bisnis dapat memilih integrasi menggunakan API atau tanpa integrasi menggunakan teknologi pembayaran payment link.
Jadi, melalui payment gateway tidak ada biaya tambahan apapun karena hanya dibebankan biaya yang murah atas transaksi yang berhasil saja.
Hemat waktu
Proses otomatis menghemat waktu bagi karyawan, sehingga mereka dapat fokus pada tugas-tugas lain yang lebih strategis.
6. Meningkatkan Daya Saing
Bisnis yang memiliki pembayaran online memiliki visibilitas yang lebih besar karena jangkauan yang luas serta kemudahan yang diberikan. Sehingga memiliki daya saing yang tinggi dibandingkan bisnis konvensional
Adopsi teknologi modern
Dengan menggunakan sistem pembayaran online, bisnis menunjukkan bahwa mereka mengikuti perkembangan teknologi terbaru, meningkatkan brand awareness di mata konsumen, serta layanan yang lebih modern.
Menarik pelanggan baru
Teknologi online memperluas jangkauan pasar sehingga memunculkan pelanggan baru. Kemudahan dalam melakukan pembayaran sering kali menjadi faktor penentu bagi konsumen dalam memilih tempat berbelanja. Adanya checkout yang mudah dan pilihan metode pembayaran online memberikan dampak konversi yang lebih besar.
7. Laporan dan Analisa Bisnis
Berbagai jenis preferensi pelanggan yang melakukan pembelian dalam bisnis dapat diketahui dari adanya pembayaran online ini.
Insight pelanggan
Sistem pembayaran online dilengkapi dengan alat analisis yang membantu bisnis memahami perilaku pelanggan, metode pembayaran yang digunakan, hingga tren penjualan.
Strategi pemasaran efektif
Data transaksi dari insight pelanggan dapat digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat sasaran berdasarkan pola pembelian pelanggan. Misalnya, diskon promo untuk pengguna e-wallet tertentu atau transfer melalui virtual account bank tertentu.
Dari berbagai keuntungan dan manfaat pembayaran online di atas, pemilik bisnis dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengadopsi teknologi pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Berikut berbagai jenis metode pembayaran online yang dapat menjadi referensi bisnis untuk meningkatkan produk dan layanannya sehingga mampu bersaing di kompetisi yang ketat.
9 Metode Pembayaran Online yang Paling Sering Digunakan
Berikut ini adalah tujuh metode pembayaran online yang paling populer dan banyak digunakan oleh pelaku bisnis di Indonesia dan banyak dipakai orang ketika melakukan kegiatan pembelian online di berbagai macam platform e-commerce.
Masing-masing pembayaran online ini memiliki manfaat dan preferensi yang perlu diketahui untuk bisnis sehingga dapat memilih sesuai jenis pelanggan yang dimiliki.
1. QR Code atau QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)
Metode pembayaran online QRIS sangat banyak digunakan saat ini baik di merchant online dan offline. QRIS yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia ini ada dua jenis, QRIS statis dan QRIS dinamis.
Jumlah pengguna QRIS sendiri mencapai 54,1 juta yang memanfaatkan aplikasi e-wallet dan mobile banking sebagai alat pembayaran dengan jumlah merchant QRIS mencapai 34,7 juta di tahun 2024. Sebagai channel pembayaran favorit di Indonesia, transaksi melalui QRIS menembus 4,08 milyar kali dengan nilai total transaksi lebih dari Rp188,36 triliun.
QRIS statis adalah QRIS yang menggunakan QR Code tetap dan sama untuk setiap transaksi. Kode QR nya biasanya dicetak dan dipasang di kasir, tampil di struk, atau di layar EDC, dan pelanggan tinggal melakukan scan kode tersebut menggunakan aplikasi pembayaran mereka seperti e-wallet atau mobile banking. Setelah memindai, pelanggan memasukkan jumlah yang harus dibayar dan mengkonfirmasi transaksi.
QRIS statis cocok digunakan untuk bisnis UMKM, UKM, dan pelaku usaha kecil lainnya karena mudah digunakan dan biayanya juga murah.
Jenis QRIS kedua adalah QRIS dinamis, yang menggunakan kode QR berbeda untuk setiap transaksi. Artinya, ketika terjadi transaksi maka kode QR untuk satu pelanggan dengan pelanggan lainnya akan berbeda dan kodenya pun hanya bisa dilihat oleh petugas kasir atau merchant. QRIS dinamis ini sudah memiliki nilai nominal transaksi, sehingga pelanggan tidak perlu memasukkan nilai dan hanya bersifat satu kali pembayaran saja.
Contoh penggunaan QRIS dinamis ini seperti di marketplace, aplikasi pembelian tiket transportasi, dll.
Manfaat pembayaran berbasis QR code
- Kemudahan: sangat mudah digunakan, bahkan oleh pelanggan yang kurang familiar dengan teknologi.
- Kecepatan: transaksi selesai dalam hitungan detik.
- Tanpa kontak: meminimalisir kontak fisik, menjadikannya pilihan yang aman.
- Cashless: tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar.
2. Dompet Digital atau E-Wallet
Dompet digital atau e-wallet adalah uang elektronik berbasis server yang identitas pemegangnya terdaftar dan berupa aplikasi yang menyimpan informasi uang yang dapat dihubungkan ke kartu kredit/debit dan rekening bank atau top up e-wallet melalui bank atau mobile banking. Dengan menggunakan e-wallet memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran online dengan lebih cepat dan mudah.
Batas saldo maksimal dalam akun e-wallet adalah Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) dengan maksimal transaksi Rp40.000.000,00 (empat puluh juta rupiah) per bulan.
Contoh e-wallet yang banyak digunakan seperti GoPay, OVO, DANA, ShopeePay, Link Aja, dll.
Manfaat pembayaran online menggunakan e-wallet
- Kemudahan dan kecepatan: pembayaran hanya membutuhkan beberapa klik atau scan kode QR.
- Cashless: tidak perlu membawa uang tunai demi keamanan dan meminimalisir kontak fisik.
- Promo: banyak dompet digital menawarkan promo dan cashback yang menarik, mendorong pelanggan untuk menggunakannya.
- Integrasi: e-wallet sering terintegrasi dengan berbagai layanan lain, seperti transportasi online, pengantaran makanan, pembayaran tagihan, tiket perjalanan, e-commerce, marketplace, transfer uang, investasi, top up game, dll.
3. Virtual Account (VA)
Virtual account adalah nomor rekening unik untuk setiap transaksi yang dibuat untuk identifikasi dan menerima pembayaran yang berbeda dengan rekening biasa. Pelanggan melakukan transfer ke nomor VA yang dibuat, dan sistem secara real-time otomatis mengidentifikasi dan mencatat pembayaran.
Metode pembayaran online menggunakan virtual account sangat mudah karena pembeli tidak perlu memasukan nominal harga secara detail dan menentukan penerima dana. Ketika transaksi selesai, pelanggan juga tidak perlu mengirimkan bukti transfer karena sistem secara otomatis melakukan flagging pembayaran berhasil dan melanjutkan proses selanjutnya.
Ada dua jenis virtual account, fixed virtual account (static) yang biasanya langsung tersambung dengan nomor ponsel atau identitas tertentu. Pengguna dapat melakukan pembayaran secara berulang untuk melakukan transaksi tanpa harus memasukkan nomor ID. Nomor virtual account ini tidak akan berubah.
Nomor virtual account jenis fixed ini biasanya untuk membayar cicilan barang, berlangganan jasa pada platform, atau untuk melakukan top up di e-wallet yang menggunakan nomor ponsel pengguna sebagai nomor virtual account.
Virtual account jenis fixed ini ada dua nominal yang bisa dipilih, yaitu closed amount dan open amount. Perbedaan dari closed amount dan open amount terdapat pada nominal transaksi. VA jenis closed amount langsung menampilkan nominal transaksi sesuai pesanan.
Manfaat pembayaran online menggunakan virtual account
- Otomatisasi: pembayaran terverifikasi secara otomatis, mengurangi kebutuhan untuk konfirmasi manual.
- Rekonsiliasi mudah: memudahkan bisnis dalam melakukan rekonsiliasi keuangan dan laporan.
- Integrasi: virtual account dapat diintegrasikan dengan mudah di platform e-commerce, seperti aplikasi, website, media sosial (payment link), dll.
- Cashless: pembayaran melalui VA dapat menggunakan mobile banking atau e-wallet.
- Keamanan: setiap transaksi memiliki nomor VA yang berbeda dan masa aktif, sehingga mengurangi risiko kesalahan.
4. Kartu Kredit
Metode pembayaran online ini melibatkan penggunaan kartu kredit debit yang diterbitkan oleh bank. Jumlah kartu kredit yang digunakan di Indonesia pada tahun 2024 ini mencapai 18,8 juta kartu dengan nilai transaksi mencapai Rp321 juta triliun dan jumlah transaksi mencapai 335,9 juta.
Kartu kredit sebagai alat pembayaran memudahkan nasabah untuk belanja dengan metode cicilan tanpa proses yang berbelit-belit, dan bisa digunakan bertransaksi dengan aman untuk belanja di dalam dan luar negeri. Pelanggan memasukkan informasi kartu mereka saat checkout, dan penyedia layanan pembayaran akan memproses transaksi.
Batas limit kartu kredit bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran tergantung pada kualitas nasabah.
Manfaat pembayaran menggunakan kartu kredit
- Diterima secara luas: kartu kredit merupakan metode pembayaran yang paling umum dan diterima di hampir semua platform e-commerce.
- Kemudahan dan kecepatan: proses pembayaran relatif cepat dan mudah bagi pelanggan yang sudah terbiasa menggunakannya.
- Keamanan: penyedia layanan pembayaran menggunakan protokol keamanan canggih berupa PCI DSS untuk melindungi informasi kartu.
- Promo: banyak diskon, cashback bahkan reward khusus untuk pembelian dengan kartu kredit dari bank tertentu bahkan dengan cicilan 0%.
5. Transfer Bank
Metode transfer bank melibatkan transfer dana langsung dari rekening bank pelanggan ke rekening bank bisnis, baik itu sesama bank, antar bank, hingga transfer dengan tujuan virtual account bank.
Untuk metode transfer bank ini mensyaratkan bisnis memiliki rekening resmi atas nama perusahaan. Hal ini berhubungan dengan kepercayaan dari pelanggan. Alangkah ribetnya bila bisnis harus memiliki banyak rekening hanya demi memberikan alternatif untuk pelanggan. Sedangkan bagi pelanggan sendiri harus menyesuaikan dengan rekening bank yang dimiliki bisnis atau tempat berbelanja.
Untuk itu, sebagai jembatan transfer bank yang mudah ini bisnis dapat menggunakan virtual account bank yang mudah didapatkan melalui payment gateway.
Pada metode pembayaran transfer bank ini pelanggan dapat melakukan transfer melalui ATM, internet banking dengan memanfaatkan komputer/laptop, serta mobile banking yang secara khusus menggunakan perangkat smartphone dalam bentuk aplikasi.
Adanya teknologi mobile banking membuat bank-bank di Indonesia semakin mengembangkan layanan digital banking yang memungkinkan konsumen memiliki banyak alternatif mobile banking dan bisnis dapat mengelola transaksi secara real-time.
Dari segi biaya, transfer bank antar pengguna atau bank yang sama adalah gratis tanpa biaya. Sedangkan transfer yang berbeda bank akan dikenakan biaya mulai Rp2.500,00 (BI-Fast) hingga Rp7.500,00
Manfaat pembayaran online menggunakan transfer bank
- Populer: transfer bank masih menjadi metode pembayaran yang sangat populer di Indonesia, terutama di kalangan pelanggan yang tidak memiliki kartu kredit.
- Kepercayaan: banyak pelanggan merasa lebih aman melakukan transfer bank karena mereka dapat melihat langsung detail transaksi di rekening mereka.
- Tanpa biaya tambahan: biasanya tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada pelanggan saat melakukan transfer sesama bank.
- Aman: transfer melalui ATM berbasis kartu dilindungi oleh PIN, melalui internet banking dan mobile banking dilindungi oleh OTP dan PIN. Namun kewaspadaan harus ditingkatkan terkait modus penipuan untuk mencuri data-data perbankan.
- Fungsi lengkap: mulai dari transfer, investasi, hingga bayar tagihan dan pembelian produk digital.
6. Kartu Debit
Alat pembayaran online yang dikeluarkan oleh bank berbentuk kartu, berupa kartu yang dapat digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM sekaligus sebagai kartu untuk keperluan belanja di merchant-merchant secara offline yang terhubung langsung pada rekening pengguna dengan cara digesek ke mesin EDC dari bank yang digunakan.
Jumlah kartu debit yang beredar mencapai 232,11 juta unit karena melekat dan dapat berfungsi juga sebagai kartu ATM.
Kartu debit dapat bertransaksi dalam jumlah besar sesuai dengan saldo yang dimiliki di bank, karena umumnya melekat sebagai kartu ATM yang dapat menjadi alat pembayaran cashless pada mesin EDC di merchant. Dari sisi keamanan, sebelum bayar belanja di merchant atau bisnis harus masukkan PIN kartu debit/ATM terlebih dahulu.
Manfaat pembayaran online menggunakan kartu debit
- Fleksibilitas: terhubung langsung dengan rekening bank dan dapat digunakan untuk tarik tunai di ATM.
- Cashless: tanpa perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar sehingga lebih aman.
- Keamanan: sebelum menggunakan sebagai alat pembayaran harus memasukkan PIN kartu terlebih dahulu.
7. E-Money atau Uang Elektronik
E-money adalah yang yang disimpan dalam suatu media elektronik berbasis chip berbentuk kartu, bukan sebagai simpanan seperti tabungan di bank, hanya sebagai alat pembayaran. E-money dapat digunakan offline, tidak membutuhkan koneksi internet, digunakan dengan cara digesek atau disentuh/tapping ke alat yang terhubung secara online.
E-money memiliki batasan saldo yang dapat diisi sesuai regulasi dari Bank Indonesia yaitu Rp2.000.000,00 saja dengan total saldo maksimal Rp20 juta per bulan. E-money tidak dapat digunakan untuk transaksi dengan nominal lebih besar.
Pengisian saldo e-money atau top up dapat dilakukan melalui ATM, mesin EDC di bank atau gerai retail modern, agen PPOB, hingga mobile banking dan harus di update agar saldo masuk dalam sistem chip.
Kekurangan e-money adalah tidak memiliki pengaman seperti PIN dan rawan rusak sehingga untuk dana yang tersimpan dalam kartu dapat hilang/habis atau disalahgunakan dengan mudah.
Manfaat pembayaran menggunakan e-money
- Fungsi: bisa digunakan untuk membayar tiket transportasi seperti TransJakarta, KRL Commuter Line, LRT, MRT, bayar tol, bayar parkir, tempat hiburan, atau belanja di toko minimarket.
- Cashless: tanpa perlu bawa uang tunai dalam jumlah banyak karena praktis.
8. PayLater (Cicilan Tanpa Kartu Kredit)
Metode pembayaran online ini memungkinkan pelanggan membeli barang atau layanan sekarang dan membayarnya secara bertahap dalam jangka waktu tertentu, tanpa menggunakan kartu kredit.
PayLater menjadi tren dalam pembayaran online karena konsumen berhutang dan melakukan pembayaran sesuai masa tagihan dan dapat dilakukan dengan cara dicicil. Beberapa marketplace dan platform e-commerce di Indonesia memberikan fasilitas pembayaran ini.
PayLater memiliki limit yang bisa dibelanjakan sesuai dengan preferensi penggunanya. Semakin sering digunakan dan rajin melakukan pembayaran, tidak ada tunggakan sehingga profil penggunanya dinilai positif oleh penyedia PayLater, akan diberikan penawaran tambahan limit saldo yang dapat digunakan.
PayLater biasanya diberikan pada transaksi e-commerce, tiket dan travel, makanan, dan produk konsumsi harian lainnya.
Patut diwaspadai dari PayLater ini adalah bila keasyikan dan terbuai dengan promo-promo yang diberikan bisa membuat tagihan PayLater kamu membengkak dikemudian hari karena dikenakan bunga.
Manfaat pembayaran online menggunakan PayLater
- Meningkatkan daya beli: pelanggan dapat membeli barang yang mungkin tidak mampu mereka beli secara tunai.
- Mendorong penjualan: meningkatkan penjualan karena pelanggan merasa lebih mudah untuk melakukan pembelian.
- Menarik pelanggan baru: pelanggan yang belum atau tidak memiliki kartu kredit atau enggan menggunakannya.
9. Rekening Bersama (Escrow Account)
Cara kerja dari rekening bersama ini adalah dana pelanggan disimpan dalam rekening pihak ketiga (escrow) hingga barang atau layanan diterima dengan baik. Setelah pelanggan mengkonfirmasi penerimaan, dana baru dilepaskan ke bisnis.
Umumnya, ada batasan waktu hingga dana diterima oleh penjual setelah adanya konfirmasi dari pelanggan, sehingga metode ini aman karena berhubungan dengan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang menggunakan metode pembayaran rekening bersama ini.
Beberapa platform e-commerce seperti marketplace menggunakan metode pembayaran rekening bersama atau rekber sebagai jembatan antara penjual dengan pembeli. Rekening bersama ini secara sistem dapat menerima hampir semua metode pembayaran online.
Manfaat pembayaran online menggunakan rekening bersama
- Keamanan: memberikan jaminan keamanan bagi kedua belah pihak, penjual dan pembeli.
- Meningkatkan kepercayaan: kepercayaan pelanggan terhadap bisnis semakin tinggi, terutama jika bisnis tersebut baru dikenal.
- Mengurangi risiko penipuan: meminimalisir risiko penipuan karena dana baru dilepaskan ke penjual setelah barang atau layanan diterima oleh pelanggan.
Integrasi Pembayaran Online untuk Bisnis
Mendapatkan pembayaran online dengan berbagai channel pembayaran dapat melalui perusahaan payment gateway sebagai penyedia gerbang pembayaran yang sudah terintegrasi dengan bank dan juga lembaga keuangan lainnya.
Winpay adalah solusi payment gateway yang memfasilitasi transaksi pembayaran online antara merchant dan pelanggan baik secara online maupun offline dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.
Winpay menyediakan berbagai jenis pembayaran online dan offline, seperti QRIS, dompet elektronik atau e-wallet, virtual account bank, atau kartu kredit. Bahkan, pembayaran offline melalui jaringan retail modern juga ada.
Berbagai metode pembayaran online dan offline dari Winpay dapat diintegrasikan ke dalam berbagai jenis platform yang bisnis gunakan dalam bentuk website, aplikasi, hingga media sosial.
Bahkan, teknologi di Winpay bisa dilakukan tanpa integrasi sekalipun menggunakan aplikasi Winpay dengan fitur payment link dan invoice yang cocok terima uang dari mana saja.
Mengapa Winpay?
Beberapa alasan mengapa bisnis menggunakan Winpay sebagai solusi berbagai metode pembayaran untuk bisnis.
- Memiliki ijin resmi dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Payment Gateway dan Penyedia Jasa Pembayaran Utama Kategori 1 milik PT Bimasakti Multi Sinergi.
- Memiliki ijin penyelenggara teknologi informasi dari Komdigi.
- Menggunakan teknologi enkripsi untuk data transaksi dan pengguna, keamanan sistem informasi berbasis ISO 27001, dan PCI DSS.
- Produk Winpay lengkap, memiliki lebih dari 15 virtual account bank sebagai pilihan pembayaran untuk bisnis.
- Memiliki interkoneksi ke e-wallet utama di Indonesia.
- Memiliki metode pembayaran offline menggunakan jaringan retail modern Indomaret, Alfamart, dan berbasis keagenan.
- Memiliki interkoneksi dengan penyedia kartu kredit VISA dan MasterCard.
- Tergabung dalam keanggotaan industri fintech di Indonesia, seperti APGI, Aftech, dll.
- Manfaatkan layanan Winpay untuk melengkapi platform bisnis Anda dengan metode pembayaran beragam.
Segera hubungi Winpay untuk mendapatkan pembayaran online untuk bisnis Anda.
https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono |
https://iamteguh.medium.com
- Winpay Dukung E-Commerce Indonesia dengan Pembayaran Digital - March 10, 2025
- Istilah dalam E-Commerce yang Sering digunakan - March 5, 2025
- Transaksi QRIS Semakin Diminati Kaum Muda - March 1, 2025