Di era digital yang berkembang dengan pesat dan semakin majunya berbagai macam teknologi. Transaksi dengan memanfaatkan teknologi digital dan pembayaran online semakin menjadi pilihan utama bagi orang-orang di seluruh dunia.
E-commerce di Indonesia terus bertumbuh sebagai akibat dari teknologi digital. Hal ini membuat banyaknya konsumen yang beralih ke platform digital untuk berbelanja menjadikan kemudahan proses pembayaran sebagai elemen yang sangat penting.
Beberapa hal memengaruhi tingginya penggunaan e-commerce di Indonesia, seperti akses internet yang membaik, pendapatan per kapita yang meningkat, dan urbanisasi.
Tingginya pengguna internet ini mendorong pertumbuhan pengguna e-commerce di tanah air. Nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2024 mencapai Rp661 triliun dengan jumlah pengguna e-commerce 2024 mencapai 65,65 juta.
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia terus naik sejak tahun 2020 ditandai dari sisi jumlah penggunanya.
Perkembangan teknologi telah membantu bisnis dalam mengembangkan layanannya. Proses ini mencakup berbagai elemen mulai dari pemasaran, pengalaman pengguna, hingga metode pembayaran yang digunakan.
Ketika konsumen mengunjungi platform untuk bisnis berjualan yang dimiliki seperti website, aplikasi, hingga media sosial, dan melakukan pembelian, disitulah konversi penjualan terjadi.
Sistem pembayaran yang mudah dalam bisnis mempunyai peran yang sangat penting bagi berlangsungnya bisnis itu sendiri. Semakin mudah orang atau konsumen melakukan pembayaran, bisnis akan semakin naik dan tumbuh.
Pembayaran online bukan hanya sekadar layanan untuk menerima pembayaran, melainkan elemen kunci yang dapat mempengaruhi konversi penjualan hingga memberikan pengalaman kepada pelanggan.
Konversi penjualan adalah tindakan di mana pengunjung situs web, aplikasi, atau platform e-commerce melakukan pembelian setelah melakukan interaksi dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
Pembayaran online atau online payment adalah solusi modern yang populer, di mana konsumen dapat melakukan pembelian atau pembayaran layanan tanpa harus bersentuhan secara fisik dengan uang tunai atau kartu kredit.
Dari grafik di atas 25,5% pengguna e-commerce di Indonesia menggunakan dompet digital atau e-wallet sebagai alat pembayaran, termasuk didalamnya menggunakan QRIS. Transfer bank juga tertinggi kedua terbanyak digunakan.
Mengoptimalkan pembayaran online melalui payment gateway dapat membuat perbedaan signifikan dalam kelancaran transaksi, kepuasan pelanggan, dan membawa pengaruh besar terhadap pendapatan bisnis kamu.
Payment gateway membantu memainkan peran kunci dalam mempercepat pertumbuhan digital dan transaksi pembayaran. Perekonomian digital dan e-commerce Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir yang didukung oleh teknologi pembayaran online.
Apapun jenis bisnis dan produk atau layanan yang dijual, baik melalui website, marketplace, media sosial, dan channel penjualan apapun, harus memanfaatkan pembayaran online untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman bagi pelanggan.
Bagi bisnis itu sendiri, adanya pembayaran online dapat membuat operasional pembayaran menjadi lebih efisien. Tidak ada lagi biaya-biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Selain itu, pembayaran yang cepat dan mudah juga menjadi faktor penting yang membuat konsumen lebih cenderung menyelesaikan pembelian.
Dengan mengurangi jumlah langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi, bisnis dapat meminimalkan risiko pelanggan meninggalkan keranjang belanja mereka.
Pembayaran online yang terintegrasi dengan baik memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan. Ketika pelanggan merasa nyaman berbelanja, mereka akan lebih kemungkinan untuk kembali di masa mendatang. Semakin puas pelanggan berbelanja, maka semakin baik pula tingkat konversi checkout yang dilakukan.
Tawarkan Berbagai Metode Pembayaran Online Favorit Pelanggan
Sebagai pelaku bisnis, kamu dapat meningkatkan tingkat konversi checkout jika mampu memaksimalisasi fungsi-fungsi yang terdapat di pembayaran online yang dapat diperoleh dari payment gateway.
Dengan menyediakan berbagai metode pembayaran online, bisnis dapat memenuhi preferensi pelanggan yang beragam. Makin banyak opsi yang tersedia, makin besar kemungkinan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi.
Jika sebuah bisnis memiliki tingkat konversi rendah, maka terdapat indikasi bahwa bisnis tersebut memiliki kendala yang menghalangi pelanggan dalam menyelesaikan pembeliannya.
Dari kondisi di atas, pelaku bisnis harus mengatasi masalah tersebut untuk meningkatkan tingkat konversinya dan mendongkrak penjualan.
Tips Meningkatkan Konversi Penjualan melalui Pembayaran Online
Tips konversi penjualan ini dapat menjadi referensi bagi berbagai jenis bisnis dengan memanfaatkan teknologi pembayaran online.
1. Sediakan beragam metode pembayaran
Tidak semua pelanggan memiliki preferensi yang sama ketika membayar. Dengan menawarkan berbagai metode pembayaran online yang sering digunakan saat ini, yaitu QRIS, e-wallet, kartu kredit, kartu debit, e-money, hingga retail modern, bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan. Pastikan juga untuk menyesuaikan dengan kebiasaan dan preferensi lokal.
Semakin banyak pilihan metode pembayaran yang kamu tawarkan dalam bisnis, semakin besar peluang pelanggan menyelesaikan transaksinya. Hal ini tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan dalam kemudahan pembayaran, tetapi juga meningkatkan fleksibilitas bisnis kamu dalam memproses pembayaran.
2. Optimalkan proses checkout
Proses checkout yang rumit dapat menyebabkan pelanggan meninggalkan keranjang belanja. Buatlah proses checkout yang sederhana, hanya memerlukan informasi yang diperlukan, dan pastikan untuk menampilkan perkiraan biaya pengiriman serta pajak dengan jelas sebelum mereka menyelesaikan transaksi.
Pada kebanyakan kasus, rendahnya tingkat konversi checkout disebabkan oleh kendala di sisi sarana pembayaran. Pelanggan cenderung malas atau mengabaikan proses bertransaksi selanjutnya jika tidak bisa melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang sesuai seleranya atau menghadapi proses checkout yang berbelit-belit.
Menurut statistik e-commerce di Indonesia, kemudahan proses checkout menempati peringkat 4 yang mendorong orang Indonesia dalam melakukan belanja online sebesar 45,5%. Artinya, kemudahan checkout dalam melakukan pembayaran menjadi faktor utama.
3. Fokus pada keamanan
Jaminan keamanan dalam bertransaksi sangat penting. Gunakan protokol keamanan dan enkripsi data transaksi untuk melindungi informasi sensitif pelanggan. Hal ini akan memberikan kepercayaan lebih kepada pelanggan untuk melakukan transaksi.
Bisnis dapat memanfaatkan payment gateway yang sudah memiliki keamanan tingkat tinggi dalam memproses transaksi pembayaran dan melindungi keamanan data pengguna.
4. Tambahkan ulasan dan testimoni
Potensi pelanggan cenderung percaya pada pengalaman orang lain. Tambahkan ulasan dan testimoni dari pelanggan yang puas untuk membangun kepercayaan. Ulasan positif dapat memberi dorongan yang kuat bagi pelanggan baru untuk menyelesaikan pembelian.
5. Promo dan diskon khusus
Memberikan penawaran menarik seperti cashback untuk pembayaran menggunakan metode tertentu atau promosi spesial bisa mendorong pelanggan untuk segera menyelesaikan pembelian. Penawaran ini harus jelas ditampilkan di halaman checkout untuk menarik perhatian.
6. Lakukan analisis data yang tepat
Gunakan alat analitik untuk memantau tingkat konversi dan perilaku pengguna dalam proses checkout. Dengan memahami titik lemah dalam proses pembayaran, pemilik bisnis dapat melakukan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
7. Tingkatkan layanan pelanggan
Dukungan pelanggan yang responsif dapat mengatasi masalah yang dihadapi oleh pelanggan saat melakukan pembayaran. Menyediakan layanan bantuan melalui chat, email, atau telepon akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kemungkinan konversi.
Pembayaran online memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan konversi penjualan bagi bisnis. Dengan menyediakan pilihan pembayaran yang beragam, mengoptimalkan proses checkout, dan fokus pada pengalaman pelanggan, bisnis dapat memanfaatkan potensi penuh dari tren belanja digital yang sedang jadi trend di Indonesia.
Pembayaran online dapat menjadi solusi dalam meningkatkan konversi bisnis lebih baik. Manfaatkan metode pembayaran online berikut dalam bisnis kamu sekarang juga melalui payment gateway Winpay.
5 Jenis Pembayaran Online Favorit di Indonesia, Bisnis Wajib Memilikinya
Metode pembayaran online yang beragam sangat disukai pelanggan. Ada banyak sarana yang dapat dipakai pelanggan sesuai jenis metode pembayaran online yang kamu sediakan dalam bisnis.
1. QRIS
QRIS hadir dan dikembangkan oleh Bank Indonesia bersama industri sistem pembayaran agar proses transaksi yang dilakukan mudah dan cepat. Bagi konsumen, adanya QRIS memungkinkan mereka melakukan pembayaran dengan aplikasi apapun dengan QR yang sama.
Pengguna QRIS yang besar di Indonesia menjadikan metode pembayaran online ini banyak digunakan oleh lebih dari 54,1 juta pengguna di Indonesia sepanjang tahun 2024. Total nilai transaksi QRIS juga fantastis menembus angka Rp188,36 triliun di 34,7 merchant dengan total transaksi mencapai 4,08 miliar kali.
Pembayaran melalui QRIS dapat menggunakan aplikasi dompet digital atau e-wallet dan hampir semua mobile banking dari perbankan telah mendukung pembayaran online melalui QRIS.
2. Dompet Elektronik atau E-Wallet
Dompet elektronik atau e-wallet sebagai instrumen pembayaran dalam bentuk aplikasi smartphone atau online dalam server. Uang disimpan dalam dompet digital dengan cara top up ke akun e-wallet.
Penggunaan dompet elektronik juga sangat mudah, cukup dengan cara scan QRIS melalui aplikasi atau transfer antar pengguna e-wallet dalam satu jenis.
Secara fungsi, kamu bisa menggunakan berbagai jenis e-wallet untuk transaksi/belanja online, bayar e-commerce, bayar toko retail/offline, mengirim/transfer uang ke rekening bank, bayar macam-macam tagihan, bayar pajak, top up game, investasi, dll.
Contoh dompet elektronik yang banyak digunakan saat ini seperti OVO, DANA, Gopay, ShopeePay, LinkAja, Sakuku, i-Saku, SpeedCash, DOKU, dll.
Dari sisi keamanan, e-wallet menggunakan nomor handphone pengguna dan dilengkapi dengan nomor PIN. E-wallet juga menerapkan verifikasi yang lebih aman terhadap pengguna dengan sistem keamanan yang canggih seperti enkripsi hingga otentikasi biometrik.
3. Mobile Banking dan Transfer Virtual Account
Transfer bank masih banyak digunakan sebagai metode pembayaran baik melalui mobile banking, internet banking, SMS banking, atau ATM. Namun, transfer bank sudah berkembang dengan teknologi bernama virtual account.
Metode pembayaran virtual account sangat mudah karena pembeli tidak perlu memasukan nominal harga secara detail dan menentukan penerima dana.
Selain itu, bagi pemilik bisnis tidak perlu menyediakan berbagai macam jenis rekening bank. Bagi konsumen sendiri, tidak perlu punya banyak rekening untuk transfer. Selain itu adanya biaya admin bila pelanggan transfer beda bank yang sangat memberatkan.
Adanya virtual account ini sebagai jembatan bagi bisnis dan pelanggan untuk pembayaran yang mudah sesuai dengan rekening bank yang dimiliki. Karena, hampir semua bank di Indonesia sudah memiliki virtual account untuk bisnis.
Transaksi menggunakan virtual account dapat dilakukan selama 24 jam non stop. Transaksi dari pelanggan tercatat otomatis di sistem pembukuan. Dari segi keamanan, virtual account sangat aman karena memanfaatkan teknologi keamanan di bank.
4. Kartu Kredit
Kartu kredit berfungsi sebagai alat pembayaran online yang memungkinkan penggunanya untuk meminjam uang dari bank atau lembaga keuangan untuk melakukan pembelian. Kartu kredit bisa digunakan bertransaksi dengan aman untuk belanja di merchant offline atau online di dalam dan luar negeri.
Integrasi kartu kredit dalam platform bisnis yang dijalankan juga memudahkan pelanggan pengguna kartu kredit. Sebagai informasi saja ya, jumlah kartu kredit yang beredar pada 2024 ini mencapai 18,8 juta kartu dengan nilai transaksi menembus angka.
Pengguna kartu kredit di Indonesia dari berbagai kalangan, mulai dari individu, profesional muda, hingga pelaku usaha. Sehingga, metode pembayaran kartu kredit ini dapat menjadi opsi bagi pelaku bisnis.
5. Retail Modern
Pembayaran melalui retail modern menggunakan jaringan pembayaran online dari payment gateway. Jaringan retail modern ini seperti Indomaret, Alfamart yang banyak tersedia di sekitar pelanggan.
Metode pembayaran ini sangat memudahkan orang yang jauh dari jaringan bank, tidak memiliki rekening, dan aplikasi mobile banking, namun dekat dengan jaringan retail modern seperti di atas. Dan ini masih banyak di Indonesia.
Meskipun cara konsumen dengan datang ke retail modern karena tidak memiliki rekening, pembayaran yang diterima melalui jaringan Indomaret dan Alfamart dikirimkan secara online.
Bagaimana Mendapatkan Metode Pembayaran Online?
Pembayaran online menggunakan QRIS, dompet elektronik, dan virtual account dapat diperoleh melalui payment gateway.
Memilih payment gateway yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu sangat penting. Pastikan payment gateway tersebut bisa terintegrasi ke beragam metode pembayaran online.
Dalam memilih payment gateway, pertimbangkan juga aspek integrasi yang mudah dengan serta fitur keamanan yang memadai, seperti deteksi dan mitigasi risiko fraud. Hal ini penting untuk melindungi bisnis kamu dan menjaga data pelanggan tetap aman.
Winpay adalah payment gateway yang dapat dijadikan pilihan dalam menyediakan metode pembayaran online yang beragam. Karena Winpay mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, selain itu telah mempunyai ijin resmi dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara payment gateway di Indonesia.
Dengan memahami pentingnya pembayaran online dan mengoptimalkan setiap aspek dari proses transaksi, bisnis tidak hanya akan meningkatkan konversi, tetapi juga membangun loyalitas pelanggan yang akan berkontribusi pada pertumbuhan jangka panjang.
Manfaatkan layanan payment gateway Winpay sebagai solusi layanan pembayaran online untuk segala jenis bisnis. Hubungi Winpay sekarang juga untuk terima pembayaran mudah bagi bisnis.
https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono |
https://iamteguh.medium.com
- Pembayaran Online Tingkatkan Konversi Penjualan pada Bisnis - January 5, 2025
- Pembayaran Online: 7 Manfaat dan Jenisnya untuk Bisnis - January 4, 2025
- Ribuan ATM Tutup: Pembayaran Online Meningkat untuk Bisnis - January 2, 2025