Jualan secara online memiliki potensi laris yang sangat besar. Dengan jangkauan pasar yang luas dan memanfaatkan teknologi yang ada, bisnis online dapat meraup konversi dengan strategi yang tepat. Jualan di media sosial banyak dilirik karena dapat menggunakan berbagai jenis platform yang ada.
Jualan online untuk berbagai jenis produk dan jasa, membidik target konsumen yang tidak terbatas. Yang dibutuhkan adalah media yang tepat. Mengapa jualan online sangat menguntungkan?
Modal untuk berjualan online bisa dibilang lebih sedikit dibandingkan dengan berjualan offline, karena membutuhkan biaya operasional yang besar.
Platform untuk bisnis secara online banyak jenisnya. Umumnya menggunakan website yang dimiliki dan dikelola sendiri, aplikasi yang dibangun khusus sebagai tempat jualan, atau memanfaatkan marketplace yang sudah tersedia.
Platform berjualan dalam bentuk website dan aplikasi memerlukan biaya untuk pembuatan hingga biaya operasional yang harus dikeluarkan.
Namun yang lebih menguntungkan lagi kamu dapat memanfaatkan media online lain yang mempunyai pengguna terbesar di dunia, termasuk di Indonesia. Jualan di media sosial dapat menjadi alternatif yang banyak sekali manfaatnya.
Platform media sosial menawarkan peluang besar bagi bisnis untuk menjangkau audiens yang lebih luas, membangun brand, dan meningkatkan penjualan. Setiap platform memiliki karakteristik unik yang dapat mempengaruhi cara produk atau layanan ditawarkan.
Bagaimana cara berjualan online yang bisa dijalankan oleh siapa saja dengan mudah tanpa modal? Berikut langkah-langkah strategis untuk berjualan online di media sosial yang dapat terima pembayaran online.
5 Strategi Jualan di Media Sosial dengan Pembayaran Online
Berikut ini beberapa strategi jualan di media sosial yang dapat kamu gunakan dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
1. Pilih Platform Media Sosial yang Tepat
Ada banyak platform media sosial beredar yang dapat digunakan sebagai media pemasaran dan jualan untuk produk dan jasa. Jangan sampai salah memilih media sosial karena masing-masing memiliki preferensi pengguna yang berbeda.
Indonesia termasuk pengguna media sosial terbesar di dunia dengan total mencapai 167 juta orang tercatat pada 2024.
7 platform ini dapat menjadi pertimbangan sebagai tempat jualan di media sosial. Masing-masing memiliki jutaan pengguna di Indonesia dengan karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda, yaitu seperti Facebook, Instagram, TikTok, WhatsApp, YouTube, X, dan Thread. Pilih salah satu atau dua jenis yang dapat difokuskan dalam membuat dan mengelola konten jualan.
Media sosial berikut memiliki karakteristik yang cocok untuk bisnis online.
Facebook, media sosial ini paling banyak digunakan oleh orang Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 174 juta orang.
Kamu dapat menggunakan Grup, halaman bisnis atau Facebook Page, aplikasi Messenger, dan Facebook Marketplace untuk menawarkan produk atau jasa.
Grup Facebook sangat banyak sekali jenisnya. Ada yang bebas untuk bergabung atau harus mendaftar dulu. Carilah grup-grup yang memiliki anggota yang dapat menjadi target pasar produkmu. Bergabunglah dalam grup dan pasang produk atau layanan yang kamu jual. Hindari membuat postingan produk yang terlalu sering agar tidak dianggap sebagai spam yang berpotensi kamu dikeluarkan dari grup.
Halaman bisnis atau dikenal dengan Facebook Page dapat memuat nama brand sebagai identitas. Sebarkan halaman bisnis kamu di grup-grup agar orang-orang mengikuti halaman bisnis dan mengetahui produk-produk yang kamu jual. Jadikan halaman bisnis di Facebook jadi lebih tepercaya dengan fitur centang biru.
Messenger adalah aplikasi pesan atau chat di Facebook dimana interaksi dan komunikasi dapat dijalin antara bisnis dengan konsumen.
Akun Facebook pribadi dapat digunakan untuk menjalin pertemanan sebanyak-banyaknya yang mana ketika kamu memposting produk dalam akunmu, teman-teman yang terjalin dapat melihat produk yang kamu tawarkan.
Pengguna Instagram di Indonesia mencapai jumlah 98,18 juta orang. Media sosial ini cocok untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis yang menjual produk-produk kecantikan, fashion, makanan, gaya hidup, traveling, dan produk digital.
Banyak brand dan bisnis memanfaatkan Instagram sebagai alat pemasaran produk dan layanannya. Untuk menarik kepercayaan terhadap brand atau bisnis dapat memanfaatkan fitur centang biru alias official dari Instagram. Sehingga, bisnis kamu lebih dipercaya alias trusted.
Kamu bisa memanfaatkan Reel yaitu video pendek yang dikemas dengan cerita menarik mempromosikan produk atau bisnis dengan jangkauan yang luas.
Untuk membuat katalog produk dapat memanfaatkan Feed dalam bentuk slide dengan deskripsi yang menarik dalam caption. Sertakan pula fitur pembayaran dalam bentuk payment link di profil atau pesan chat.
Manfaatkan pula Story untuk membuat promo-promo yang menarik yang dapat membuat penasaran calon konsumen dan dapat menggiring untuk melakukan interaksi yang lebih terhadap produk.
Kamu juga dapat memanfaatkan Video durasi yang cukup sebagai edukasi atau pengenalan produk atau layanan yang kamu tawarkan.
TikTok
TikTok adalah media sosial yang berasal dari China, memiliki jumlah pengguna terbesar nomor dua di Indonesia yang mencapai 157,6 juta orang.
Media sosial ini populer di kalangan generasi muda, dapat digunakan untuk berjualan melalui video kreatif. Konten yang menarik dapat menarik perhatian dan mendorong pengguna untuk melakukan pembelian.
TikTok tepat untuk menaikkan brand awareness dari produk melalui konten yang kreatif. Buat video pendek durasi 15 hingga 30 detik.
WhatsApp adalah aplikasi untuk komunikasi dalam bentuk tulisan, video, hingga suara. Pengguna WhatsApp diseluruh dunia mencapai 2 milyar orang dan 87 juta orang di Indonesia. WhatsApp digunakan secara luas untuk komunikasi pribadi dan bisnis.
Ada dua jenis aplikasi WhatsApp ini, pertama WhatsApp Personal yang sering digunakan dalam percakapan biasa, kedua adalah WhatsApp Business. Perbedaan WA bisnis dan WA biasa yaitu dari tipe dan informasi di profil akunnya.
Selain itu, mengenali perbedaan dua jenis aplikasi Whats App ini dari logo yang digunakan. WA Personal memiliki logo gambar telepon, sedangkan WA Bisnis memiliki logo dengan huruf "B".
Profil akun WA bisnis akan menampilkan informasi lengkap mengenai bisnis, mulai dari nama bisnis, kategori, alamat, jam kerja, alamat website, hingga penjelasan singkat mengenai bisnis yang Anda jalankan. Bahkan, kamu bisa membuat katalog dalam WA bisnis ini.
Kamu dapat memanfaatkan WA Bisnis untuk jualan dengan memberikan payment link pada katalog jualan atau dalam percakapan ketika transaksi terjadi dan dapat terima pembayaran dengan mudah.
Payment link ini dapat diperoleh melalui payment gateway seperti Winpay melalui aplikasi Winpay tanpa integrasi apapun.
YouTube
YouTube berbeda dengan platform media sosial yang lain. YouTube khusus sebagai platform berbagi video terbesar dengan jumlah pengguna mencapai 139 juta orang di Indonesia pada 2024.
Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengunggah, dan berbagi video dengan audiens yang lebih luas hingga global.
YouTube banyak digunakan sebagai media untuk brand awareness dalam bentuk video tutorial atau demo produk yang dapat menarik perhatian pelanggan dan memberikan informasi yang berguna.
YouTube juga memungkinkan orang memposting video durasi panjang, sehingga cocok untuk edukasi, media pembelajaran online, atau tutorial produk.
X atau Twitter
X adalah media sosial yang semula bernama Twitter, termasuk banyak digunakan di Indonesia dengan 24,85 juta pengguna. Twitter lebih banyak digunakan untuk menaikkan citra merek dan memanfaatkan tagar atau hashtag untuk menjadi trending.
Twitter dapat berupa teks, foto, hingga video cocok untuk mempromosikan produk atau bisnis dengan jangkauan yang luas dan cepat. Ketika sebuah produk bisa menjadi trending di X, potensinya menjadi dikenal lebih besar dan dapat meraup konversi.
Thread
Thread merupakan media sosial yang baru, namun memiliki pertumbuhan pengguna yang tinggi. Di Indonesia sendiri, Thread digunakan oleh 12,2 juta orang.
Thread mempunyai cara kerja seperti Twitter atau X dan dapat menulis konten dengan jumlah yang banyak. Selain berupa tulisan juga dapat diisi dengan foto atau video.
Thread banyak digunakan oleh pelaku industri digital seperti kreator konten dan produk digital seperti e-book dan jasa. Banyak pelaku bisnis produk digital memasang karya atau jualannya di Thread karena interaksinya yang mudah dan dapat menjangkau pasar yang luas.
Dalam Thread juga dapat dibuat seperti katalog jualan dalam bentuk slide yang dapat menarik konsumen membeli.
Payment Link untuk Terima Pembayaran dari Media Sosial
Media sosial bukan hanya sebagai alat komunikasi dan pemasaran saja. Jualan di media sosial juga bisa terima pembayaran online langsung dengan mudah, cepat, dan aman.
Caranya bagaimana?
Kamu bisa memanfaatkan teknologi pembayaran yang bernama Payment Link. Payment Link memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis menerima pembayaran favorit pelanggan hanya dengan link sederhana yang mudah tanpa integrasi rumit. Cari tahu lebih banyak tentang fitur ini di Winpay.
Stop pembayaran yang ribet bagi pelanggan. Saatnya gunakan Payment Link sebagai transaksi pembayaran bisnis dengan berbagai jenis alat pembayaran favorit pelanggan.
Payment Link atau Link Pembayaran untuk jualan di media sosial dapat dibuat menggunakan Aplikasi Winpay terhubung dengan berbagai platform pembayaran online seperti transfer bank melalui virtual account, QRIS, e-wallet atau dompet digital, kartu kredit, hingga pembayaran tunai melalui jaringan minimarket modern.
2. Bangun Profil Bisnis yang Menarik
Profil bisnis di media sosial harus mencerminkan identitas merek secara jelas dan menarik perhatian. Profil yang dibuat ada kesesuaian dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
Gunakan foto profil yang profesional, logo brand dan merek, dan deskripsi singkat tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan. Pastikan untuk menyertakan tautan ke website yang dimiliki dan kontak yang dapat dihubungi untuk interaksi dari konsumen.
Kepercayaan yang dibangun terhadap produk atau bisnis dapat tercipta dari profil yang dibuat di media sosial.
3. Buat Konten yang Menarik dan Relevan dengan Bisnis
Konten adalah kunci dalam pemasaran media sosial. Buatlah konten yang menarik, relevan, dan konsisten dengan brand yang dimiliki.
Kamu dapat menggunakan visual yang menarik berupa foto dan video berkualitas dengan cerita yang terkait produk atau bisnis yang dapat memikat calon pelanggan dan membuat konversi.
Konten yang menceritakan atau story telling sangat disukai orang. Apalagi yang dapat membangun perasaan orang dari kesulitan yang dihadapi atau kebutuhan yang sedang dicari. Jadikan produk atau layananmu itu sedang dicari melalui konten yang membuat perasaan orang tertarik untuk membeli.
Buatlah video tutorial yang menunjukkan cara menggunakan produk yang kamu jual. Memberikan edukasi terkait produk dan layanan juga penting. Hal ini tidak hanya memberikan nilai tambah, tetapi juga membantu calon pelanggan memahami produk lebih baik.
Bagikan ulasan positif dari pelanggan untuk membangun kepercayaan terhadap bisnis. Ulasan positif dari pelanggan dapat menaikkan konversi.
4. Bangun Interaksi dengan Pelanggan
Interaksi langsung dengan pelanggan melalui media sosial yang digunakan adalah bagian penting dari strategi jualan online. Jangan anti kritik terhadap kritikan yang masuk terkait bisnis atau layanan. Anggap saja itu bagian dari memperbaiki kualitas produk dan layanan.
Tanggapi komentar, pertanyaan, dan pesan yang masuk dengan cepat untuk menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap pelanggan. Berbagai feedback dari konsumen adalah hal berharga untuk perbaikan layanan dan bisnis.
Dengan interaksi yang baik dapat meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap bisnis. Sehingga, konversi penjualan dapat terjadi dari jalinan yang dibangun.
5. Integrasikan dengan Pembayaran Online
Tidak hanya untuk berjualan di media sosial saja, namun juga bisa terima pembayaran online sekaligus tanpa integrasi apapun.
Pembayaran yang mudah sangat disukai pelanggan. Dengan menyediakan berbagai metode pembayaran yang beragam dapat meningkatkan konversi penjualan.
Teknologi pembayaran online berupa Payment Link dapat menjadi solusi terbaik untuk bisnis yang menggunakan media sosial sebagai tempat jualan.
Ada 5 jenis pembayaran yang dapat digunakan di media sosial tanpa integrasi apapun. Fitur payment link dapat digunakan untuk terima pembayaran dari media sosial dengan mudah, cepat, aman, dan efisien.
Baca juga: Payment Link, Cara Kerja dan Manfaat Payment Link Bagi Bisnis
Payment link ini dapat digunakan langsung di media sosial yang digunakan. Ketika konsumen membeli produk atau layanan dari media sosial yang digunakan, memungkin pelanggan dapat memilih metode pembayaran online yang dimiliki, seperti QRIS, e-wallet, transfer bank, dan kartu kredit. Selain itu juga pelanggan juga dapat melakukan pembayaran offline melalui jaringan retail modern juga ada.
Menggunakan payment link sangat efisien karena tanpa integrasi yang rumit serta tidak ada biaya lain yang dibebankan. Pelanggan hanya dikenakan biaya yang kecil ketika transaksi berhasil dilakukan.
Untuk mendapatkan payment link yang dapat digunakan di media sosial bisa melalui payment gateway. Winpay menyediakan payment link atau link pembayaran untuk bisnis yang dapat terima pembayaran darimana saja dan kapan saja.
Winpay adalah payment gateway tepercaya yang memiliki ijin resmi dari Bank Indonesia sebagai payment gateway dan penyedia jasa pembayaran kategori 1 di Indonesia. Selain itu, keamanan yang tinggi menjadi perhatian yang utama dari Winpay untuk pembayaran yang aman dengan adanya enkripsi transaksi, keamanan data pengguna dan pembayaran, serta teknologi anti fraud.
Winpay hadir sebagai solusi payment gateway yang memfasilitasi transaksi pembayaran antara merchant dan pelanggan baik pembayaran online maupun offline dengan solusi pembayaran yang handal, mudah, lengkap dengan biaya yang murah.
Hubungi Winpay sekarang untuk solusi pembayaran untuk bisnis kamu.
https://www.linkedin.com/in/teguh-hartono |
https://iamteguh.medium.com
- 5 Strategi Jualan di Media Sosial dengan Pembayaran Online - January 15, 2025
- Pembayaran Online Tingkatkan Konversi Penjualan pada Bisnis - January 5, 2025
- Pembayaran Online: 7 Manfaat dan Jenisnya untuk Bisnis - January 4, 2025